MetroNewsParlemen

Agar Penyaluran Zakat Tepat Sasaran, Imam Musakkar Minta Dikelola Baik

MAKASSAR, NEWSURBAN.ID — Anggota DPRD Kota Makassar, Imam Musakkar minta penyaluran zakat tepat sasaran. Untuk itu, ia minta zakat harus di kelola dengan baik.

“Agar penyaluran zakat tepat sasaran dan berjalan efektif kepada yang berhak menerima maka harus di kelola baik,” kata Imam Musakkar saat sosialisasi penyebarluasan Perda No. 5 tahun 2006 tentang Pengelolaan Zakat, di Hotel MaxOne Makassar, Jumat (7/4/2023).

“Tujuan mengapa perda pengelolaan zakat ini di bentuk? Karena untuk meningkatkan pelayanan, fungsi dan peran keagamaan dalam mensejahterakan masyarakat,” ujarnya.

Baca Juga: M Yunus Berharap Sosialisasi Perda Zakat dapat Masyarakat Makin Paham

Menurut Imam, zakat di kumpulkan untuk kaum mustahik atau orang-orang yang berhak mendapatkan zakat. Misalnya, fakir miskin dan muallaf.

“Karena zakat merupakan kewajiban bagi setiap umat muslim yang mampu dalam rangka menyucikan jiwanya untuk zakat fitrah. Apalagi di bulan suci Ramadan ini adalah momentumnya,” ungkap Politisi PKB Makassar ini.

Wakil Ketua I Baznas Kota Makassar, Ahmad Taslim memaparkan Baznas adalah lembaga negara non-struktural. Tugasnya, berdasarkan undang-undang bahwa mengumpulkan dan mendistribusikan, mendayagunakan zakat, infaq dan sedekah.

“Jadi tidak bisa ada lembaga lain yang mengumpulkan dan mendistribusikan zakat tanpa ada rekomendasi dari Baznas sendiri di wilayah masing-masing,” paparnya.

Baca Juga: Sosialisasi Perda Zakat, Abd Wahid: Merupakan Rukun Islam yang Wajib Dilakukan

Apalagi, kata Ahmad, sebagai lembaga yang mendapat amanah dari pemerintah untuk mengelola zakat. Maka sepatutnya meningkatkan pelayanan bagi masyarakat dalam menunaikan zakat.

“Sebagai lembaga yang menghimpun zakat. Kita tidak bisa membiarkan zakat yang terhimpun tersimpan selama satu minggu. Makanya akan disalurkan sesegera mungkin,” jelasnya.

Sementara itu, salah satu Mubaligh di Kota Makassar, Haji Muhammad menyampaikan hikmah dan faedah. Dalam berzakat bahwa zakat memungkinkan seseorang untuk terhindar dari penyakit kikir.

“Sebab Islam mengajarkan pengikutnya untuk bersikap dermawan dengan mengeluarkan sebagian harta untuk masyarakat yang lebih membutuhkan. Dengan begitu hati seorang muslim bisa bersih dari sifat bakhil,” urainya.

Baca Juga: Legislator Muchlis Misbah Tekankan Pentingnya Berzakat

Mengutip dari hadits sahih, kata dia, begitu banyak manfaat dari keikhlasan menunaikan zakat, yakni barangsiapa yang menunaikan zakat maka ia akan terhindar dari bencana.

“Zakat juga bisa memperbaiki akhlak kita, maka dari itu zakat adalah kewajiban setiap muslim yang termaktub dalam Rukun Islam yang kelima. Yakni tiada lain hanya untuk menyempurnakan akhlak umat manusia,” jelasnya. (*)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Back to top button