NewsSulsel

Tim SMEP TP-PKK Sulsel Evaluasi PKK Kabupaten Bulukumba

BULUKUMBA, NEWSURBAN.ID — Ketua Tim Penggerak PKK Bulukumba Andi Herfida Muchtar menerima kunjungan Tim SMEP TP-PKK Sulsel di Rumah Jabatan Bupati, Kamis 6 Juli 2023.

Tim ini datang ke Bulukumba dalam rangka melakukan Supervisi Monitoring Evaluasi dan Pelaporan (SMEP) terhadap program kerja PKK Bulukumba, khususnya untuk mengecek sejauh mana 10 Program PKK sudah berjalan.

Tim yang dipimpin oleh Andi Onny Noormita ini melakukan SMEP terhadap 6 aspek, yaitu administrasi pembukuan, pembendaharaan, serta program kerja di Kelompok Kerja (Pokja) 1 sampai Pokja 4.

Baca Juga: Bulukumba Siap Tuan Rumah Even Nasional Pembagian Bendera Merah Putih

Pengurus PKK Bulukumba Asnarti Said Culla menyampaikan selain mengecek administrasi di sekretariat, Tim SMEP juga melakukan kunjungan ke lokasi program. Di antaranya program Aku Hatinya PKK di Desa Salassae, Program Pemberdayaan UKM di Desa Topanda, dan program Rumah Gizi dan Rumah Dilan (Pendidikan dan Pelatihan) di Desa Polewali.

“Tim SMEP kunjungan ke lapangan, juga untuk memastikan program bantuan keuangan provinsi. Untuk penanganan Stunting melalui Rumah Gizi sudah berjalan,” ungkapnya.

Lebih jauh Asnarti menjelaskan bahwa di Rumah Gizi ini, pihaknya melakukan pendampingan selama 3 bulan. Atau 90 hari kepada 45 anak Stunting di Desa Polewali dengan melibatkan berbagai stakeholder. Seperti OPD terkait, pemerintah desa, Baznas dan Orang Tua Asuh Stunting.

Baca Juga: Kunjungi Bulukumba, Rektor Unhas Puji Bupati Andi Utta

“Setiap anak Stunting terus di pantau perkembangannya oleh tim yang telah di tunjuk. Kita berharap melalui rumah gizi ini, kondisi anak tersebut menjadi normal kembali,” pintanya.

Terpisah Andi Herfida Muchtar mengutarakan bahwa rekomendasi perbaikan dari Tim SMEP Provinsi wajib di tindaklanjuti oleh sekretariat, bendahara dan Pokja.

“Ini membantu mengevaluasi kinerja PKK Bulukumba. Sehingga rekomendasinya harus di bahas secara bersama oleh pengurus untuk mengatasi berbagai kekurangan yang di temukan oleh Tim SMEP,” bebernya.

Lebih lanjut Herfida mengatakan pihaknya juga saat ini mendorong penguatan peran kader kader Dasawisma di setiap desa dan kelurahan.

Baca Juga: IKA Unhas Bulukumba Jamu Rektor Unhas di Tanjung Bira

“Jika Dasawisma ini berperan, maka kita mudah koordinasi dan memantau kondisi ekonomi, kesehatan dan pendidikan warga di setiap wilayah,” katanya.

Untuk memaksimalkan pelaksanaan program kerja PKK di setiap desa dan memotivasi anggota PKK dalam melaksanakan pengabdian kepada masyarakat. Herfida telah mencanangkan “Desir Cantik” yaitu Desa Terintegrasi Cerdas Akuntabel Normatif Tulus Inovatif dan Kompak. (*)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Back to top button