NewsSulsel

Gubernur Andi Sudirman Kembali Tanam 1 Juta Bibit Murbei di Wajo

WAJO, NEWSURBAN.ID — Gubernur Sulawesi-Selatan Andi Sudirman Sulaiman kembali tanam 1 juta bibit murbei secara simbolis di Desa Ujung, Kecamatan Tanasitolo, Kabupaten Wajo, Kamis, 4 Mei 2023.

Penanaman perdana ini dia lakukan bersama Bupati dan Wakil Bupati Wajo, Amran Mahmud dan Amran bersama Forkopimda, merupakan bantuan Keuangan Provinsi Tahun 2023.

Bantuan Keuangan untuk Program Sejuta Murbei termasuk dengan peralatan pendukungnya, yaitu rumah ulat dan sumur bor dengan nilai total bantuan lebih Rp3,4 miliar.

Baca Juga: Dorong Pengembangan UMKM di Jeneponto, Gubernur Andi Sudirman Berikan Booth Usaha Semi Kontainer

Sebelumnya di 2020 juga telah di tanam 1 juta bibit murbei dan di 2022 sebanyak 500 ribu pohon sehingga jumlah pohon yang ditanam 2,5 juta pohon.

“Satu juta lebih untuk tahun ini. Kalau di total 2,5 juta dengan tahun,” kata Gubernur Sulsel Andi Sudirman Sulaiman.

Pemprov bersama Pemkab sendiri menargetkan 4 juta pohon untuk material dan mengoptimalkan kebutuhan mesin sutera serta pengembangan persuteraan.

Baca Juga: Tito Karnavian Jadi Irup, Gubernur Andi Sudirman Ikuti Upacara Hari Otonomi Daerah

Sinergitas ini di lakukan agar dapat mengembalikan kejayaan sutera Sulsel dengan aksi nyata. Dengan menyiapkan bibit untuk di tanam dan di budidayakan, ulat dan lahan serta mesin dan alat pendukung lainnya.

“Kita mau kembalikan kejayaan sutera tidak bisa kalau cuma di sebut-sebut saja. Harus di tanam, kita budidayakan kembali. Supaya ada kembali lahan, pakannya untuk ulatnya itu. Sehingga lroduksinya bisa kembali lagi, pabriknya sudah bisa kita siapkan,” sebut Andi Sudirman.

Sementara itu, Bupati Wajo, Amran Mahmud, menyampaikan terimakasih kepada Gubernur Sulawesi Selatan atas dukungannya kepada Pemerintah Kabupaten Wajo. Dalam hal pengembangan sutera dalam rangka mengembalikan kejayaan sutera di Kabupaten Wajo.

Baca Juga: Gubernur Andi Sudirman Lepas 19 Spesies Kupu-kupu di Tenas Alumni Unhas di Bantimurung

“Atas nama Pemerintah dan masyarakat Kabupaten Wajo menyampaikan terimakasih dan penghargaan yang setingi-tingginya. Atas dukungan bapak gubernur dalam mengembalikan kejayaan Sutera di Kabupaten Wajo,” ucapnya.

Ketua ICMI Wajo ini berharap, bantuan ini dapat di kelola dan dan di kembangkan oleh petani. Sehingga harapan Pemprov dan Pemkab untuk mengembalikan kejayaan sutera dapat terwujud. (*)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Back to top button