NewsNusantaraSulsel

Wabup Gowa: OTODA Beri Dampak Positif Bagi Percepatan Pembangunan

# Jadi Inspektur Peringatan OTODA k e-27, Paparkan Pencapaian Daerah

GOWA, NEWSURBAN.ID ‚ÄĒ Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Gowa menggelar upacara memperingati Hari Otonomi Daerah (OTODA) Ke-27 tahun yang berlangsung di Lapangan Upacara Kantor Bupati Gowa, Sabtu (29/4).

Wakil Bupati Gowa, Abd Rauf Malaganni mengatakan, setelah 27 tahun berlalu, Otonomi Daerah telah memberikan dampak positif seluruh daerah di Indonesia. Utamanya dalam membantu percepatan pembangunan daerah.

“Terkhusus Kabupaten Gowa dibuktikan dengan adanya percepatan pembangunan yang ditunjukkan melalui beberapa indikator makro pembangunan,” ujarnya.

Baca Juga: Bupati Gowa Imbau SKPD Lakukan Perbaikan Data Sektoral untuk Peningkatkan PDRB Perkapita

Ia menyebutkan, pada Indeks Pembangunan Manusia (IPM) Kabupaten Gowa mengalami kenaikan dari 70,29 persen di 2021, menjadi 70,99 persen pada 2022. Hal ini tentunya mengindikasikan upaya Pemkab Gowa dalam peningkatan kualitas hidup manusia semakin nyata walaupun berada pada kondisi pandemi Covid-19.

Selain itu, menindaklanjuti arahan Presiden RI terkait pengendalian inflasi di 2023 ini, serta dalam rangka mendukung kebijakan pemerintah guna menjaga ketersediaan pasokan, keterjangkauan harga pangan, daya beli masyarakat, dan mendukung kelancaran distribusi serta stabilitas perekonomian di daerah. Pemerintah Kabupaten Gowa rutin melaksanakan upaya penanganan inflasi melalui sejumlah kebijakan.

“Sebagai upaya pengendalian inflasi, dan menjaga ketersediaan pasokan, pemerintah juga mendorong masyarakat untuk lebih menggunakan produk dalam negeri yang masuk dalam Program Peningkatan Penggunaan Produk Dalam Negeri (P3DN),” kata Wabup Gowa.

Baca Juga:¬†Pemkab Gowa Berikan Reward Umrah Bagi ASN yang Khatam Qur’an Tiga Kali Selama Ramadan

Pada momentum ini, Wabup Gowa berharap, tujuan Otoda sebagaimana filosofi pembentukannya dapat terwujud di Kabupaten Gowa. Selain itu agar kiranya pemerintah daerah dan semua yang terkait mampu menjaga stabilitas harga. Sehingga tidak terjadi inflasi yang dapat memberatkan masyarakat.

“Kunci yang utama untuk mencapai itu adalah pada unsur sumber daya manusia, terutama ASN yang berintegritas, profesional, kompeten, dan dapat bekerjasama secara kolaboratif,” pungkasnya.

Senada dengan Wakil Bupati, Sekretaris Daerah Kabupaten Gowa, Kamsina berharap momen Hari Otonomi Daerah ke-27 ini seluruh ASN Pemkab Gowa. Agar lebih meningkatkan kinerja, disiplin dalam memahami tugas dan tanggung jawabnya masing-masing

“Persoalan masuk kantor ini yang harus menjadi perhatian, merubah dan berbenah diri. Termasuk memperhatikan jam kerja dan kedisiplinan, itu yang sangat saya harapkan,” kata Kamsina.

Baca Juga: Bupati Gowa Nilai Makna Idul Fitri Tahun Ini Adalah Silaturahmi dan Saling Menghargai

Sementara, terkait dengan penanganan inflasi di Kabupaten Gowa, Kamsina berharap ke depan harga bahan pangan tidak melambung tinggi. Dan kebutuhan bahan pokok masyarakat bisa di peroleh dengan mudah.

“Untuk inflasi di Kabupaten Gowa, kami sangat berharap, upaya pemerintah dan beberapa pihak bisa menekan angka inflasi. Agar tidak terlalu naik melambung dan berharap seluruh kebutuhan bahan pokok masyarakat itu bisa di dapatkan dengan gampang. Dan tidak terlalu mahal dengan harga yang sudah di tetapkan sama-sama,” katanya.

Peringatan Hari Otonomi Daerah ke-27 tahun 2023 ini turut dihadiri seluruh Forkopimda dan jajaran Pimpinan SKPD lingkup Pemkab Gowa. (af/up)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Back to top button