KriminalNasionalNewsPeristiwaSulsel

Jenazah Yonatan Korban Kekejaman KKB Papua Tiba di Toraja, Isak Tangis Selimuti Rumah Duka

TORAJA, NEWSURBAN.ID  – Kedatangan jenazah Yonatan Arruan (45) diduga atas kekejaman dilakukan oleh kelompok kriminal bersenjata (KKB) Papua, Minggu 30 April 2023.

Yonatan tiba di rumahnya di Desa Kayuosing, Kecamatan Rembon, Tana Toraja, Sulawesi Selatan. Jenazah tiba sekitar pukul 10.00 WITA, Rabu 03 Mei 2023, menjadi duka mendalam bagi keluarganya beserta isak tangis menyelimuti rumah duka.

Istri korban, Esra Tendek Allo mengatakan tidak menduga menimpah suaminya dan menjadi korban pembunuhan oleh OTK.

“Kebetulan saya di Bekasi tinggalnya sama anak-anak, mendengar kejadian yang menimpa suami saya. Saya sama sekali tidak menduga karena suami saya orang baik,” kata Esra saat dikonfirmasi, Rabu (3/5/2023).

Baca juga: Jenazah Korban Penembakan KKB Papua Tiba di Toraja Utara: Keluarga Korban pada Histeris

Menurutnya, selama suaminya bekerja sebagai konsultan di Papua. Kata Esra, tidak pernah mendengar berselisih dengan orang.

“Suami bekerja di Papua sejak tahun 2013, selama ini tidak pernah ada masalah atau bermasalah dengan warga terutama warga Papua,” ucap Esra.

“Bapak sudah 10 tahun lebih di Papua bekerja, dia Kristen yang baik selalu melakukan pelayanan di Gereja,” ujar Esra.

Anak korban, Aldo meminta pihak kepolisian agar segera menangkap pelaku yang telah membunuh ayahnya, apalagi kekerasan yang di terima ayahnya sangat tidak manusiawi.

Baca juga: Wali Kota Hadi Melayat ke Rumah Duka Korban Penyerangan KKB di Puncak Papua

“Sedih, saya tidak pernah terpikir bapak mengalami musibah ini. Polisi harus segera menangkap pelaku penyerangan bapak, ini sudah tidak manusiawi,” tutur Aldo.

Sebelumnya, dua orang warga-ditemukan tewas di Jalan Statistik, Distrik Dekai, Kabupaten Yahukimo, Papua Pegunungan, pada Minggu 30 April 2023.

Kedua korban adalah Asri Obet (54) dan Yonatan Arruan (45). Mereka ditemukan oleh masyarakat di rumah milik korban Yonatan Arruan.

“Yonatan Arruan-ditemukan di bagian belakang rumah miliknya, sedangkan korban Asri Obet ditemukan di bagan kebun belakang rumah, dan keduanya telah terbujur tak bernyawa dalam keadaan bersimbah darah,” ujar Kapolda Papua Irjen Mathius D Fakhiri, di Jayapura, Minggu.

Fakhiri mengatakan, pihaknya berusaha mendalami kasus tersebut agar para pelaku bisa segera-diketahui. Namun ia menduga, pelaku pembunuhan merupakan bagian dari Kelompok Kriminal Bersenjata (KKB) di wilayah tersebut.

Baca juga: Gubernur Sulsel Fasilitas Kepulangan Korban Penembakan KKB Papua ke Makassar

“Pelakunya kita duga adalah simpatisan KKB di Yahukimo,” ucapnya.

Sementara itu, Kapolres Yahukimo AKBP Arief Kristanto mengungkapkan, kedua korban saat ini telah berada di RSUD Dekai untuk dilakukan visum oleh tim medis. Keduanya memiliki luka yang cukup parah sehingga menyebabkan kematian.

Ia mengakui, kasus tersebut cukup sulit-dipecahkan karena ada beberapa hambatan yang-dihadapi. “Saat ini kami belum menemukan saksi-saksi yang mengetahui kejadian penganiayaan tersebut,” kata Arief.

Namun, lanjut Arief, saat melakukan olah tempat kejadian perkara (TKP). Pihaknya menemukan beberapa bukti berupa satu pasang sendal jepit warna biru yang sebelah kirinya terdapat bercak darah. Satu buah katapel, satu botol air mineral isi 600 ml dan satu bungkus kue kemasan. (*)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Back to top button