NewsSulteng

Silaturahmi ke Rujab Wagub Sulteng, Bupati Sigi dan Bupati Morowali Utara Sampaikan Ini

PALU, NEWSURBAN.ID — Bupati Sigi Moh. Irwan Lapata bersama Bupati Morowali Utara Delis Julkarson Hehi bersilaturahmi dengan Wagub Drs H. Ma’mun Amir. Momen ini berlangsung di Rumah Jabatan Wakil Gubernur Sulawesi Tengah, pada Kamis malam (11/5).

Selain silaturahmi, kedua bupati juga menyampaikan beberapa program kerja yang akan di laksanakan di tahun 2023.

Bupati Sigi Moh. Irwan Lapata menuturkan Pemerintah Kabupaten Sigi merencanakan menggelar Festival Lestari pada tanggal 23 – 25 Juni 2023.

Baca Juga: Pasca Cuti Bersama Libur Lebaran, Wakil Gubernur Sulteng Silaturahmi di 12 OPD

Festival tersebut akan menampilkan beberapa item kegiatan, di antaranya: high level forum, obrolan lestari, pasar warga, telusur lestari, trik komoditas lestari, paralayang serta beberapa event lainnya.

Kegiatan di maksud dirangkaikan Peringatan HUT Kabupaten Sigi yang jatuh pada tanggal 24 Juni 2023.

Untuk itu, ia berharap dukungan Pemerintah Provinsi Sulawesi Tengah serta Pemkab/kota se Sulawesi Tengah untuk kesuksesan acara tersebut.

Baca Juga: Gubernur Rusdy Mastura Minta Bupati Morowali Siapkan Door Prize Vaksinasi Lansia dan Anak

Sementara, Bupati Morowali Utara Delis Julkarson Hehi menyampaikan Pemerintah Kabupaten Morowali Utara masih memiliki beberapa infrastruktur dan ruas jalan yang rusak.

Ruas Towi-Kolonodale misalnya yang memiliki panjang ruas 29,70 km.

Dia akui, Pemerintah Kab. Morut telah mengajukan permohonan pementasan dua ruas jalan provinsi yang ada di Kabupaten Morowali Utara, yang pertama adalah Papi-Tomata dan Towi-Kolonodale.

“Masyarakat sangat berharap agar jalur tersebut dapat segera terselesaikan,” sebutnya.

Baca Juga: Gelar Open House, Berikut Harapan Karo Adpim Setdaprov Sulteng Eddy Nicolas Lesnusa

Untuk Towi-Kolonodale kerusakan ruas jalan terjadi sejak marak aktivitas pertambangan. Usulan perbaikan di prioritaskan pada pemukiman penduduk, yaitu antara Desa Ganda-ganda dan Dusun Lambolo.

Menurutnya, T.A 2023 telah di programkan perbaikan ruas jalan sepanjang 1,2 km.

“Syukur, usulan tersebut telah mendapat tanggapan gubernur/wakil gubernur kemudian direvisi. Mungkin perbaikannya menjadi 2 km atau lebih dan akan di tender dalam waktu dekat,” ujarnya.

Bidang lain, Wagub Drs H. Ma’mun Amir mengucapkan terima kasih dan apresiasi atas pertemuan tersebut.

Baca Juga: Wagub Sulteng Panen Padi Bersama Mentan dan Bupati Sigi di Sidera

Pemerintah Provinsi Sulawesi Tengah menyatakan dukungannya dalam Festival Lestari yang akan di gelar oleh Pemerintah Kabupaten Sigi.

Wagub pun menginstruksikan Kepala Dinas Pariwisata Provinsi Sulawesi Tengah mendukung kegiatan di maksud.

Selain itu, Beliau memberikan tanggapan serius atas ruas jalan yang menghubungkan Towi-Kolonodale. Khususnya yang memiliki kondisi rusak parah dan melintasi pemukiman penduduk.

Dengan anggaran terbatas, Ia pun mengusulkan beberapa alternatif dengan tetap berdasar pada peraturan perundang-undangan. Agar pengerjaan ruas jalan di maksud dapat di laksanakan termasuk melibatkan perusahaan setempat melalui anggaran CSR.

Baca Juga: Sambangi Bupati Sigi, Tim KPK Bahas Program Desa Antikorupsi

Usulan tersebut di perkuat dengan sumbang saran dari Bupati Morowali Utara. Serta pejabat Dinas Bina marga.

Lebih lanjut, Wagub menyampaikan untuk mendekatkan pelayanan kepada masyarakat, Gubernur H. Rusdy Mastura telah memerintahkan OPD teknis terkait untuk melakukan studi kelayakan terkait pembentukan DOB.

Kabupaten Poso akan di jadikan kotamadya. Selanjutnya untuk tahap dua Kabupaten Luwuk juga akan di jadikan kotamadya.

Turut hadir Staf Ahli Kementerian Pertanian, Staf Ahli Gubernur, Tenaga Ahli Gubernur, Kepala Dinas Pariwisata, Kepala Dinas Koperasi dan UMKM, pimpinan OPD serta pejabat terkait lainnya. (#)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Back to top button