MetroNews

Gelar Seminar Urban Farming, Pemuda Tani HKTI Dukung Lorong Wisata Berbasis Kemandirian Pangan

MAKASSAR, NEWSURBAN.ID — Ketua Pemuda Tani HKTI (Himpunan Kerukunan Tani Indonesia) Sulawesi Selatan Rachmat Sasmito, menyatakan kesiapan untuk mendukung program pemkot Makassar, ciptakan lorong wisata berbasis kemandirian pangan.

Hal ini dia ungkapkan dalam seminar Urban Farming yang di hadiri  Wakil Wali Kota Makassar Fatmawati Rusdi di Hotel Almadera, Senin (5/06/2023).

Fatmawati Rusdi mengapresiasi Pemuda Tani HKTI yang menggelar kegiatan ini. “Kegiatan ini berkesesuaian dengan program pemerintah dengan pemanfaatan lahan keluarga. Selain memberikan kemandirian pangan juga dapat bernilai ekonomi,” ungkap Fatmawati Rusdi.

Baca Juga: Fatmawati Rusdi bersama Kadis Pariwisata Makassar Tinjau Wisata Mangrove Lantebung

Sebelumnya telah terbentuk 1.095 lorong wisata, dengan mengerahkan seluruh OPD untuk melakukan pendampingan. Dan di dukung pula dengan partisipasi masyarakat.

Seperti halnya dengan sayuran pakcoy yang saat ini di kembangkan di lorong wisata. Selain untuk konsumsi, pakcoy dapat di jadikan juice, keripik, dan berbagai olahan lainnya. Berbagai hasil olahan tersebut di kawal oleh berbagai OPD, terkait perizinan-perizinan. Di lakukan pula pelatihan hingga pemasaran.

Sementara, Rachmat Sasmito dalam kesempatan tersebut menyatakan kesiapan untuk turut memberikan dukungan penuh guna sukseskan program lorong wisata.

Baca Juga: Fatmawati Rusdi Genjot Kinerja OPD Maksimalkan Persiapan Rakernas APEKSI

“Sesuai dengan tema kita hari ini, solusi pertanian perkotaan gaya hidup dan bisnis. Ini sejalan dengan terobosan yang di lakukan Pemkot Makassar. Kami dari pemuda tani akan turut andil menyukseskan program tersebut,” ujarnya.

Seminar ini menghadirkan beberapa narasumber yakni Dewan Pakar Pemuda Tani HKTi Sulsel, Marhamah Nadir, Pengurus DR. Muhammad Syahid, dan dosen ilmu gizi FKM Unhas, DR Nurzakiah Hasan.

Seminar ini juga di hadiri oleh Kepala Dinas Ketahanan Pangan Makassar, Mahyuddin dan Kepala Dinas Perikanan dan Peternakan Kota Makassar, Evy Aprialty. (*)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Back to top button