NewsSulsel

Penganugerahan KLA Kabupaten Gowa Naik Kelas ke Madya

Sekda Gowa Nilai Hasil Kolaborasi Seluruh SKPD

GOWA, NEWSURBAN.ID Sekretaris Daerah Kabupaten Gowa, Kamsina didampingi Kepala Dinas PPPA Kabupaten Gowa, Kawaidah Alham dan Kepala Bappeda Kabupaten Gowa, Sujjadan menghadiri penganugerahan Kabupaten Layak Anak (KLA) di Maxone Hotel, Makassar, Selasa (15/8).

Pada penganugerahan ini, Kabupaten Gowa berhasil naik kelas atau Kategori Madya dari sebelumnya Pratama.

Sekretaris Daerah Kabupaten Gowa, Kamsina disela-sela kegiatan tersebut menuturkan, untuk mendapatkan gelar atau peringkat Madya pada Penganugerahan Kabupaten Layak Anak ini tidaklah mudah seperti membalikkan telapak tangan. Ini membutuhkan berbagai macam kolaborasi dari seluruh SKPD.

Baca Juga : Lulus Akreditasi Paripurna, RSUD Daya Kota Makassar Kantongi Predikat Rumah Sakit Bintang Lima 

“Alhamdulillah Kabupaten Gowa kembali mendapatkan penghargaan KLA karena untuk mendapatkan gelar atau peringkat Madya tidak mudah seperti membalikkan telapak tangan, ini membutuhkan kolaborasi dari seluruh SKPD,” katanya.

Apalagi kata Kamsina, dengan adanya Forum Anak Gowa yang sudah beberapa tahun meraih penghargaan, diharapkan mampu menjadi motivasi Kabupaten Gowa untuk terus meningkatkan kinerjanya.

“Jadi dengan didapatkannya lagi penghargaan tahun ini diharapkan mampu memberikan motivasi seluruh pihak yang terkait untuk meningkatkan kinerjanya di tahun-tahun mendatang dan dapat mempertahankan predikat Madya tersebut,” ujarnya.

Sementara itu, Kepala Dinas Pemberdayaan Perempuan dan Perlindungan Anak (PPPA) Kabupaten Gowa, Kawaidah Alham menjelaskan, untuk mencapai kategori Madya, Gowa berhasil mengumpulkan nilai 689 dari total 24 indikator penilaian.

“Untuk mencapai kategori Madya, harus mencapai nilai 600, kalau Gowa mencapai nilai 689,” ujar Kawaidah.

Tentunya, sejumlah tahapan penilaian pun telah dilalui Pemerintah Kabupaten Gowa, mulai dari evaluasi mandiri, evaluasi ditingkat provinsi, dan melangkah pada evaluasi secara hybrid yang dilakukan langsung tim penilai pusat.

Baca Juga : Danny Pomanto Pimpin Gladi Upacara Peringatan HUT RI di Anjungan Pantai Losari

“Dari hasil penilaian evaluasi mandiri kemudian diverifikasi oleh provinsi, tingkat provinsi melakukan verifikasi hasil evaluasi mandiri dan itulah yang menentukan apakah kabupaten/kota tersebut bisa lanjut ke tahap selanjutnya. Alhamdulillah Gowa bisa lanjut ke tahap selanjutnya, kemudian saat Gowa masuk dalam salah satu kabupaten/kota yang dievaluasi secara hybrid,” jelas Kawaidah.

Pencapaian ini kata Kawaidah berkat kekompakan sejumlah SKPD terkait yang masuk dalam Gugus Tugas Kabupaten Layak Anak yang diketuai Kepala Bappeda Kabupaten Gowa.

Penghargaan yang diterima langsung Sekda Gowa ini diserahkan oleh Plt Deputi Bidang Pemenuhan Hak Anak Rini Handayani. (#)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Back to top button