NewsSulsel

Pj Sekda Sulsel - Kemensetneg Teken Pinjam Pakai Tanah di TMII Jakarta

JAKARTA, NEWSURBAN.ID – Penjabat Sekretaris Daerah Provinsi Sulawesi Selatan, Andi Muhammad Arsjad menghadiri acara Penandatanganan Perjanjian Kerjasama pinjam pakai tanah milik Kementerian Sekretariat Negara, di Sasono Utomo, Taman Mini Indonesia Indah (TMII), Jakarta Timur, Rabu (8/11/2023).

Dalam acara ini, Pj Sekda Sulsel didampingi oleh Kepala BKAD Sulsel, Salehuddin dan Kepala Badan Penghubung Daerah Sulsel, Heikal Sulaiman.

Penandatanganan perjanjian kerjasama ini di lakukan antara Kementerian Sekretariat Negara dengan 34 Pemerintah Provinsi tentang Pinjam Pakai Tanah Milik Kementerian Sekretariat Negara pada Anjungan Daerah TMII.

Baca Juga: Pemprov Sulsel – PTPN XIV MoU Kerjasama Pengembangan Budidaya Pisang

Provinsi Sulawesi Selatan sendiri di berikan tanah seluas 8.250 m2 selama lima tahun di lokasi TMII, Jakarta Timur.

Dalam penandatanganan pinjam pakai ini, di lakukan Pj .Sekda Sulsel Andi Muhammad Arsjad sebagai pihak kedua dan Setya Utama, Sekretaris Kementerian Sekretariat Negara, sebagai pihak pertama.

“Kami di undang Kementerian Sekretariat Negara untuk melakukan Penandatanganan Perpanjangan perjanjian kerjasama Pinjam Pakai Tanah Milik Kementerian Sekretariat Negara pada Anjungan Daerah TMII,” katanya.

Menurutnya, TMII menjadi miniaturnya Indonesia. Di mana seluruh Provinsi dari seluruh Indonesia menampilkan beragam budaya rumah adat di TMII.

Baca Juga: Kemendagri Jadikan Sulsel Tuan Rumah Bimtek Sistem Informasi Pemantauan Perkembangan Politik KTI

“TMII menjadi miniaturnya Indonesia jadi kita bersyukur bahwa taman mini menjadi representasi daripada keterwakilan suku bangsa Indonesia. Ini menjadi salah satu bagian dari pelestarian budaya. Di mana di anjungan daerah termasuk sulsel terdapat rumah khas misalnya bugis Makassar, Toraja, dan sebagainya,” ungkapnya.

Di harapkan Anjungan Sulsel ini akan memperkenalkan budaya Sulsel ke pengunjung lokal maupun mancanegara.

“Kita berharap ke depan, Badan Penghubung melalui Anjungan Daerah ini tidak hanya sekedar kunjungan wisata saja. Namun bisa di manfaatkan untuk agenda pertemuan atau event yang bisa di manfaatkan. Khususnya warga Sulsel yang berada di Jakarta,” jelasnya.

Baca Juga: Pemprov Kumpulkan Penyuluh Pertanian se Sulsel, Bahas Budidaya Pisang

Sehingga, kata dia, akan mempererat lagi silaturahmi antar masyarakat Sulsel yang berada di Jakarta. Sekaligus bentuk pelestarian budaya.

“Di harapkan menjadi tempat berkumpulnya orang rantau khususnya di Jakarta, jadi jika rindu (Sulsel), cukup ke Taman Mini saja. Seakan-akan berada di kampung,” pungkasnya.

Usai penandatanganan perjanjian kerjasama, Pj. Sekda Andi Muhammad Arsjad melakukan kunjungan di Anjungan Sulsel di Taman Mini Indonesia Indah Jakarta.

Di sini, bisa melihat sejumlah rumah adat khas Sulsel seperti rumah adat Tongkonan, Balla Lompoa. Dan, rumah adat bugis yang merupakan refleksi dari kultur kebudayaan Sulsel. (*)

Cek berita dan artikel lain di Google News

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Back to top button