NewsSulsel

Timsel KI dan KPID Sulsel Serahkan Hasil Seleksi Calon Komisioner ke Pj Gubernur Bahtiar

MAKASSAR, NEWSURBAN.ID — Penjabat Gubernur Sulsel, Bahtiar Baharuddin, menerima audiensi Timsel Calon Anggota Komisi Informasi Provinsi (KI) Provinsi Sulsel Periode 2023-2027 dan Timsel Calon Anggota Komisi Penyiaran Indonesia Daerah (KPID) Sulsel Periode 2023-2026, di Ruang Kerja Gubernur, Selasa, 28 November 2023.

Dalam pertemuan ini, Timsel KI dan KPID Sulsel menyerahkan hasil seleksi calon anggota komisioner, sebelum-diserahkan ke DPRD Sulsel untuk dilakukan uji kepatutan dan kelayakan (fit and proper test).

“Terima kasih kepada tim seleksi yang sudah bekerja maksimal dan profesional. Saya yakin siapapun yang akan terpilih nanti akan bekerja dengan maksimal untuk Sulawesi Selatan,” ucap Bahtiar.

Baca Juga: Rakor Kehumasan, Pj Gubernur Sulsel Bahtiar Ingatkan Perkuat Peran Humas dan Bangun Team Work

Timsel memastikan seluruh proses seleksi berkas administrasi hingga wawancara calon-dilakukan selektif, ketat dan transparan. Ada 15 nama calon komisioner KI Provinsi Sulsel yang akan selanjutnya ikut tahap tersebut dan 21 nama calon komisioner KPID Sulsel.

“Dari 15 nama itu akan kita pilih yang terbaik dan lima itu sudah saya sampaikan kepada Pak Gubernur. Dan harus kita rekomendasi ke DPR,” kata Ketua Timsel Calon Komisioner KI Sulsel, Hasrullah.

Kepada mereka yang terpilih, dia harapkan nantinya juga dapat mengabdikan diri hingga tingkat nasional.

Baca Juga: Duta Besar Uni Eropa dan Brunei Darussalam Tertarik Investasi di Sektor Transportasi, Kesehatan, dan SDM di Sulsel

“Kemudian satu obsesi kita di Timsel, Komisi Informasi ada sampai tingkat nasional. Karena kita butuh kader di tingkat nasional. Jadi kita pilih yang terbaik dari 77 peserta,” ungkapnya.

Menurut Hasrullah, proses seleksi calon anggota komisioner dengan sistem CAT sudah sangat baik dan transparan.

“Saya sarankan kepada Komisi Informasi bahwa tes CAT itu menjadi penyaring, bagus untuk mengetahui intelektual atau pengetahuan umum tentang Komisi Informasi,” ujarnya.

Baca Juga: Pemprov Sulsel Raih Penghargaan Pemerintah Daerah Peduli Penyiaran di KPI Awards 2023

Ketua Tim Seleksi Calon Anggota KPID Sulsel, Suparno, menuturkan. Timsel melakukan evaluasi peringkat berdasarkan hasil uji kompetensi CAT, psikotes, dan pendalaman visi-misi. Sehingga terbentuk 21 peringkat teratas dari 64 peserta.

“Kita ingin mendapatkan komisioner KPID yang berkualitas, kreatif, memahami penyiaran dan memang-dibutuhkan untuk penyiaran di Sulsel. Jadi kami akan serahkan calon yang berkualitas ke Komisi A DPRD,” jelasnya.

Anggota Timsel KPID, Arief Wicaksono menambahkan, ini merupakan tahap akhir dari kerja timsel. Selanjutnya, sesuai regulasi yang ada, Gubernur Sulsel yang mewakili Pemprov Sulsel selanjutnya memberikan atau mengirimkan hasil ini kepada DPRD. Untuk di lakukan fit and proper test.

Baca Juga: Kunjungi Screen House NFT Sayur di Soppeng, Sofha Marwah Kagumi Penggunaan Teknologi Pertanian

Pada pertemuan ini, Kepala Dinas Komunikasi, Informatika, Statistik dan Persandian (Kominfo-SP) Sulsel, Andi Winarno Eka Saputra menyerahkan kepada gubernur. Penghargaan KPI Award 2023 kategori Pemerintah Daerah Peduli Penyiaran yang-diterima, pada Minggu, 26 November 2023, sebagai provinsi yang mempunyai kepedulian terhadap infrastruktur dan juga ekosistem penyiaran. (*)

Cek berita dan artikel lain di Google News

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Back to top button