NewsSulsel

Lagi, RSUD Andi Sulthan Dg Radja dan Dinas Dukcapil Bulukumba Fasilitasi Perekaman e-KTP Pasien

BULUKUMBA, NEWSURBAN.ID – Untuk memberikan pelayanan maksimal kepada masyarakat, pihak RSUD H A Sultan Dg Radja dan Dinas Kependudukan dan Catatan Sipil (Dukcapil) Bulukumba fasilitasi warga yang menjadi pasien dan sedang terbaring sakit untuk perekaman data e-KTP pasien.

Pasien atas nama Udding tersebut masuk di rumah sakit sejak tanggal 2 Februari. Ia adalah warga penerima BPJS Kesehatan Penerima Bantuan Iuran (PBI), namun ternyata kartu kepesertaan BPJS nya sudah tidak aktif.

Untuk mengaktifkan kartu BPJS-nya kembali, Udding harus melakukan perekaman e-KTP karena data kependudukannya tidak update. Udding adalah warga Desa Bukit Tinggi Kecamatan Gantarang.

Baca Juga: Diresmikan Pj Gubernur Sulsel, Bulukumba Miliki Gedung Perkantoran Terbaik di Indonesia

Koordinator Manajer Pelayanan Pasien (MPP) RSUD H.A.Sulthan Dg Radja, Nuraeni mengatakan sehelumnya, keluarga dari pasien ini datang dan menginformasikan ke petugas bahwa pasien atas nama Udding tidak memiliki KTP namun punya kartu BPJS PBI. Tapi saat didaftar atau dicek, kartu BPJS bersangkutan sudah tidak aktif.

“Sudah memiliki Nomor Identitas Kependudukan (NIK, red) hanya saja belum melakukan perekaman KTP-el,” ungkap Nuraeni, Rabu 7 Februari 2024.

Lebih lanjut dia katakan bahwa saat itu juga pihaknya meminta bantuan Dinas Dukcapil Bulukumba untuk melakukan perekaman dan menerbitkan KTP-elektronik.

Baca Juga: Pj Gubernur Bahtiar Puji Kinerja Andi Utta Bangun Bulukumba

Nuraeni menyebut informasi seperti itu dari pihak keluarga sudah tepat, bahkan sangat di harapkan bagi masyarakat yang memiliki keluarga. Yang di rawat di rumah saki belum memiliki e-KTP agar menyampaikan kepada petugas rumah sakit.

“Kalau ada masalah seperti itu, Insya Allah kita akan memfasilitasi. Mendatangkan Dinas Dukcapil Kabupaten Bulukumba untuk fasilitasi perekaman e-KTP pasien,” ungkapnya.

Untuk diketahui Udding sudah lama sakit dan sudah lima hari di rawat di RSUD H. Andi Sulthan Dg Radja.

Dengan jemput bola ini, pihak keluarga pasien sangat terbantu untuk melengkapi administrasi kependudukan sebagai dasar dalam mengaktifkan kartu BPJS PBI nya. (*)

Baca Berita dan Artikel Lain di Google News

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Back to top button