NewsSulsel

Bupati Gowa Siap Dukung Pengembangan Kawasan Strategis Nasional Mamminasata

#Dampingi Pj Gubernur Sulsel Paparan Rencana Pembangunan Sulsel Dihadapan Presiden Jokowi

GOWA, NEWSURBAN.ID – Bupati Gowa, Adnan Purichta Ichsan menyatakan siap dukung pengembangan kawasan strategis nasional Makassar, Maros, Sungguminasa, dan Takalar (Mamminasata). Hal itu ia sampaikan usai dia bersama tiga kepala daerah mendampingi Penjabat (Pj) Gubernur Sulawesi Selatan (Sulsel), Bahtiar Baharuddin ke Istana Negara bertemu dengan Presiden Joko Widodo, Selasa (27/2).

Saat dikonfirmasi, Bupati Adnan mengatakan kedatangam bersama Gubernur dan Forkopimda Sulsel serta beberapa kepala daerah lainnya untuk membahas konsep pembangunan Kawasan Mamminasata (Makassar-Maros-Sungguminasa-Takalar) yang sudah direncanakan sejak tahun 2011.

Orang nomor satu di Gowa ini mengaku Pemerintah Kabupaten Gowa siap mendukung dan menindaklanjuti Kawasan Strategis Nasional (KSN) Mamminasata. Menurutnya ini akan sangat berdampak positif bagi Kabupaten Gowa dari segi perekonomian.

Baca Juga: Pemkab Gowa Pacu Penggunaan Mbizmarket Untuk Pengadaan Barjas

“Kita memiliki kepentingan terkait keberlanjutan pembangunan Kawasan Strategis Nasional Mamminasata. Karena dengan hadirnya kawasan ini akan menambah perputaran ekonomi masyarakat Kabupaten Gowa dan Sulawesi Selatan secara keseluruhan,” ungkapnya.

Sementara itu Pj Gubernur Sulawesi Selatan, Bahtiar Baharuddin mengatakan bahwa pada kesempatan itu Presiden Jokowi meminta Pemerintah Provinsi, Forkopimda dan Pemerintah Kabupaten/Kota yang masuk dalam Kawasan Mamminasata untuk untuk membangun kawasan Kota Makassar dan sekitarnya supaya menjadi kota yang nyaman, sehat kemudian ekosistemnya dibangun, baik sistem ekonominya, sistem sosialnya termasuk bisnisnya.

Apalagi menurutnya, Makassar adalah pintu gerbangnya Indonesia Timur yang menjadi pusat perdagangan Indonesia Timur dan penopang Ibu Kota Nusantara (IKN) ke depan. Nantinya bahan-bahan pangan ke IKN bisa dari Makassar.

Baca Juga: Resmikan Kantor Baru Dinas Pendidikan Gowa, Bupati Adnan: Semoga Kualitas Pendidikan Semakin Maju

“Karena yang paling dekat potensi pertanian, paling besar peternakan, yang terdekat dari IKN itu justru Makassar. Jadi ketika IKN beroperasi, yang paling menikmati adalah Makassar dan sekitarnya, Provinsi Sulawesi Selatan,” ujarnya.

Bahtiar juga menyebutkan bahwa yang sebelumnya Kawasan Strategis Nasional Mamminasata hanya empat kabupaten/kota. Yaitu, Makassar, Maros, Gowa dan Takalar, saat ini menjadi lima yaitu Pangkep.

“Hari ini kami tambahkan Pangkep, Makassar dan sekitarnya ini terkoneksi dari sisi daratan. Dan ada juga koneksi dari sisi laut, karena ada juga Geopark Maros Pangkep,” ujarnya.

Baca Juga: Mal Pelayanan Publik Kini Hadir Di Gowa

Dia juga menyampaikan terima kasih kepada Pemerintah Pusat dalam hal ini Presiden Joko Widodo yang memberikan perhatian kepada pembangunan di Sulawesi Selatan.

“Kami berterima kasih kepada Bapak Presiden yang memberikan perhatian yang begitu tinggi terhadap pembangunan di Provinsi Sulawesi Selatan,” tuturnya.

Turut hadir mendampingi Pj. Gubernur Sulsel, Pangdam XIV Hasanuddin, Kapolda Sulsel, Walikota Makassar, Bupati Maros, Bupati Pangkep dan Pj. Bupati Takalar. (jn/*)

Baca Berita dan Artikel Lain di Google News

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Back to top button