MetroNews

DKP Kota Makassar Uji Pangan Segar Asal Tumbuhan Segar di Pasar

# Upaya Pengawasan Untuk Mejamin Keamanan Konsumen

MAKASSAR, NEWSURBAN.ID – Dinas Ketahanan Pangan (DKP) kota Makassar mengambil sampel dan melakukan uji Pangan Segar Asal Tumbuhan (PSAT) di pasar Sentral (Pasar Semi Modern) dan pasar modern, HERO Mall Ratu Indah, Jumat (1/3/2024).

Pengambilan sampel dan uji Pangan Segar Asal Tumbuhan Segar ini,dilakukan oleh petugas lab. Bidang ketahanan pangan, Hadaria. Dan di laksanakan di Mobil Laboratorium AMMOLI (Aman Dengan Mobil Laboratorium) Dinas Ketahanan Pangan kota Makassar.

Plt Kepala Dinas Ketahanan Pangan kota Makassar Dr Alamsyah Sahabuddin S. Stp., MSi, mengatakan, kegiatan ini merupakan penyediaan sarana dan prasarana pengujian mutu dan keamanan pangan segar asal tumbuhan.

Baca Juga: HUT Ke-105 Damkar Indonesia, Damkar Makassar Sabet Juara 1 Hose Laying

“Hari ini Dinas Ketahanan kota Makassar melakukan pengambilan dan pengujian sampel Pangan segar asal tumbuhan. Tujuannya untuk memastikan keamanan pangan sebelum di komsumsi masyarakat,”tutur Alamsyah Sahabuddin.

Kata Alamsyah Sahabuddin, pangan segar asal tumbuhan juga merupakan pangan yang berisiko tinggi terhadap pencemaran kimia. Seperti pestisida, residu dan lain lain yang dapat menganggu kesehatan manusia, maka dari itu perlu di lakukan pengawasan.

Baa Juga: Danny Pomanto: Transformasi IMB ke PBG Jadikan Makassar Makin Percaya Diri Sambut Investasi

“Pangan segar asal tumbuhan seperti sayur sayuran dan buah buahan juga merupakan pangan yang berisiko tinggi karena pencemaran kimia. Seperti pestisida, residu, dan lain lain yang mengandung zat kimia. Kalau di komsumsi dapat menganggu kesehatan manusia,” tutur Alamsyah Sahabuddin.

Pengambilan sampel asal tumbuhan antara lain sayur sayuran dan buah buahan untuk-diuji kandungan pestisidanya dengan menggunakan Rapid test kit pesticida atau Uji cepat. (*)

Baca Berita dan Artikel Lain di Google News

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Back to top button