NewsSulteng

Wali Kota Hadianto Rasyid Dampingi Jokowi Resmikan RSUD Anutapura Palu

PALU, NEWSURBAN.ID – Wali Kota Palu, H Hadianto Rasyid berkesempatan dampingi Presiden RI, Joko Widodo (Jokowi) resmikan RSUD Anutapura Palu, pada Selasa, 26 Maret 2024 di halaman rumah sakit setempat.

Menandai peresmian tersebut, Jokowi bersama Wali Kota Palu Hadianto Rasyid menandatangani prasasti dan pemukulan rebana oleh Presiden Jokowi bersama Wali Kota Hadianto. Dan, di saksikan sejumlah pejabat lainnya.

Rumah sakit itu merupakan salah satu proyek penuntasan rehabilitasi. Dan rekonstruksi pascabencana Gempa, Tsunami, dan Likuefaksi yang terjadi tahun 2018 silam.

Baca Juga: Oknum Penipu Catut Nama Wali Kota Palu dan Pejabat, Hadianto Rasyid Minta Masyarakat Waspada!

“Kita ingat korban jiwa mencapai 4.340 jiwa. Kemudian 175 ribu orang mengungsi dan 68 ribu rumah rusak. Dan dampak kerusakan mencapai hitungan kita Rp15 triliun kurang lebih,” kata Presiden Jokowi saat resmikan RSUD Anutapura Palu.

Presiden Jokowi bersyukur, sejumlah fasilitas publik. Seperti jalan, jembatan, pendidikan pelayanan kesehatan, aktivitas sosial, dan ekonomi di Sulawesi Tengah telah kembali pulih.

Sebagaimana di ketahui, Instruksi Presiden (Inpres) No. 8 tahun 2022 tentang Penuntasan Rehabilitasi dan Rekonstruksi Pascabencana di Provinsi Sulawesi Tengah akan berakhir Desember 2024.

Baca Juga: Tak Kebagian Bantuan Covid, Sopir Angkot Gelar Aksi Protes di DPRD Kota Palu

“Hari ini akan kita resmikan rehabilitasi dan rekonstruksi bangunan gedung layanan kesehatan. Juga fasilitas pendidikan dan dunia serta infrastruktur permukiman pascabencana,” ungkap Presiden.

Rekonstruksi gedung Anutapura Medical Center RSUD Anutapura Palu, di laksanakan sejak tahun 2021. Dengan total luas tanah sekitar 19 ribu meter persegi dengan anggaran Rp244 miliar.

Gedung tersebut lengkap dengan Instalasi Gawat Darurat (IGD), kebidanan, poliklinik, radiologi, laboratorium, ruang rawat inap, dan instalasi bedah sentral.

Baca Juga: Berhasil Raih Adipura, Ketua DPRD Palu Apresiasi Presitasi Pemkot Palu

“Gedung ini menjadi gedung yang pertama di Indonesia, yang menerapkan teknologi based isolation system dengan literaber pearing untuk menahan daya seismik akibat Gempa,” jelas Presiden.

Selain itu, Presiden Jokowi juga meresmikan rekonstruksi gedung UIN Datokarama Palu yang di bangun pada tahun 2020. Serta Huntap dan infrastruktur permukiman pascabencana yang telah di bangun sejak tahun 2019 sampai 2024. (ysw/*)

Baca Berita dan Artikel Lain di Google News

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Back to top button