MetroNews

Pokja Bank Sampah Unhas, Edukasi Civitas Akademika FIKP

MAKASSAR, NEWSURBAN.ID – Upaya dalam implementasi pengurangan dan penanganan sampah di kampus Universitas Hasanuddin, terus digalakkan tim pokja bank sampah Unhas. Hal ini dibuktikan pada kegiatan workshop dan sosialisasi pengelolaan sampah di Fakultas Ilmu Kelautan dan Perikanan (FIKP), Jumat (20/10).

Hadir membuka acara mewakili Dekan FIKP, Prof. DR Abdul Haris, dan diikuti beberapa pejabat dan tenaga pendidik (tindik) di tingkat FKIP serta bagian cleaning servis. Sementara, dari tim pokja bank sampah Unhas menghadirikan dua narasumber yakni, DR. Eng. Ir. Irwan Ridwan, dan Saharuddin Ridwan SS MM serta beberapa anggota pokja bank sampah Unhas, Abdullah, Hasbi, Ibrahim, Viana dan Dwi Purnamasari.

Wakil dekan II FKIP, Prof Abdul Haris menyambut baik inisiasi kegiatan workshop dan sosialisasi. Apalagi menurutnya, upaya pengurangan dan penanganan sampah memang harus di mulai dari sumber. Menurut Prof Haris, salah satu penyebab tidak terkelolanya sampah dengan baik adalah pola pikir.

“saya melihat pola pikir masih perlu dibenahi. Bahkan sering saya lihat banyak puntung rokok di pot-pot bunga di sekitar kampus FIKP,” Ujar Prof Haris.

Baca Juga: Cegah Sampah Plastik ke Laut, MPRG Gelar Workshop dan FGD

Sementara itu, DR. Irwan selaku narasumber kegiatan menyatakan, pengelolaan sampah jika ingin berkelanjutan maka harus menjalankan lima aspek pengelolaan sampah antara lain, regulasi, pembiayaan, kelembagaan, pemberdayaan dan teknik operasional. Khusus di kampus Unhas menurut dosen Teknik Lingkungan Unhas ini, Unhas yang sekarang menuju kampus dunia (Word University) harus melakukan sistem pengelolaan sampah yang terintegrasi dari hulu ke hilir.

“Makanya kehadiran pokja bank sampah Unhas ini adalah salah satu upaya kampus Unhas untuk mengelola sampah secara berkesinambungan. Tapi harus sesuai dengan pola pengelolaan sampah sesuai dengan regulasi pengelolaan sampah,” ujar alumni S3 Jepang ini.

Untuk itu menurut Irwan, Unhas harus memiliki regulasi yang jelas, kelembagaan dan pembiayaan agar pengelolaan sampah bisa berjalan berkelanjutan. “Kami berharap setelah kegiatan ini bisa ditindaklanjuti dengan kegiatan di lapangan,” ungkapnya.

Untuk teknis pengelolaan sampah khususnya bank sampah, Saharuddin Ridwan juga dari pokja bank sampah menyampaikan jika kelembagaan dan regulasi pengelolaan sampah sudah berjalan maka, sisa ditindaklanjuti dengan kegiatan di lapangan.

Baca Juga: Tim Bank Sampah Unhas Edukasi Pengelolaan Sampah di Fakultas Kedokteran

Mekanisme bank sampah menurut mahasiswa S3 Ilmu Lingkungan Unhas ini, adalah pengumpulan sampah melalui ciivitas akademika kampus FIKP kemudian diserahkan/ditimbang di bank sampah Unit fakultas. Setelah ditimbang maka bank sampah pokja Unhas akan menimbang sampah dari FKIP.

Meski demikian, kata mantan ketua Asosiasi Bank Sampah Indonesia ini, tahap awal membentuk bank sampah adalah sosialisasi dan edukasi di semua mahasiswa dan tenaga pendidik serta cleaning servis di FIKP.

“Di bank sampah ada 4 kelompok sampah yang dibeli antara lain, plastik, kertas, logam, dan botol kaca yang dibeli di bank sampah induk kota Makassar. Silahkan dari FIKP melakukan pemilahan sampah sesuai dengan komposisi sampah an organik yang ada di area kmpus FIKP,” ungkap Sahar.

Selain kegiatan di dalam ruangan, workshop ini juga dilakukan di kantor pokja bank sampah Unhas yang terletak di exfarm Fakultas Pertanian. Di Pokja bank sampah Unhas ini, para peserta langsung menerima praktek tentang pilah sampah sesuai jenis sampah yang ada. (shr/*)

Cek berita dan artikel lain di Google News

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Back to top button