KesehatanNewsSulsel
Trending

TP PKK Gowa Lakukan Deteksi Dini Kanker Payudara

GOWA, NEWSURBAN.ID — Tim Penggerak PKK Kabupaten Gowa menggelar Simposium Deteksi Dini dan Pemeriksaan USG Skrining Kanker Payudara Bagi Anggota PKK Kabupaten Gowa di RSUD Syekh Yusuf Kabupaten Gowa, Kamis (23/12).

Ketua TP PKK Kabupaten Gowa, Priska Paramita Adnan mengatakan, kegiatan ini bekerjasama dengan Departemen Radiologi Fakultas Kedokteran Universitas Hasanuddin. Perhimpunan Dokter Spesialis Radiologi Cabang IX Makassar, dan IKA Radiologi FK Unhas.

“Pada hari ini saya merasakan kebahagiaan yang luar biasa karena adanya kunjungan dari para dokter radiologi dari Universitas Hasanuddin. Kita sudah beberapa kali bekerjasama dengan Kedokteran Universitas Hasanuddin,” ujarnya.

Baca Juga: Pemkab Gowa Gandeng Lintas Sektor Turunkan Angka Kematian Ibu dan Bayi

Lanjut Priska, deteksi dini kanker payudara penting agar bisa dilakukan penanganan sejak awal, sehingga bisa sembuh dengan baik. Olehnya itu dirinya meminta khususnya anggota PKK Kabupaten Gowa untuk memberanikan diri melakukan pemeriksaan dini.

“Kita harus menyadari betul bahwa deteksi dini tentu sangat penting. Pada hari ini saya sangat mengapresiasi seluruh anggota TP PKK Kabupaten Gowa yang juga ketua TP PKK kecamatan dan desa serta kelurahan yang hadir pada hari ini,” ucapnya.

Selain itu, pada kesempatan ini, Priska juga berharap kerjasama TP. PKK Kabupaten dengan Fakultas Kedokteran Unhas terus berjalan dengan baik, sehingga dapat bermanfaat bagi masyarakat Kabupaten Gowa.

Baca Juga: Harap Perayaan Nataru Berjalan Aman, Bupati Gowa Pimpin Apel Operasi Lilin

“Mudah-mudahan kunjungan ini bukan yang terakhir kalinya, tetapi ada juga kunjungan berikutnya. Karena kami di Kabupaten Gowa ini senang kalau dengan kunjungan ini. Insya Allah kunjungan kita pada hari ini dapat memberikan manfaat bagi masyarakat khususnya bagi anggota TP PKK Kabupaten Gowa,” harapnya.

Sementara itu, dalam pemaparannya, dr. Mirna Muis, Sp.Rad(K) mengatakan bahwa berdasarkan data tahun 2020 dari seluruh kanker yang terjadi pada perempuan, kanker payudara memiliki insidensi urutan yang paling tinggi.

Walaupun demikian, mortalitas kanker payudara bukan yang paling tinggi dari kanker lainnya. Menurutnya tingkat kesembuhan kanker payudara lebih tinggi dari kanker lainnya, seperti kanker paru-paru.

Baca Juga: Sinergitas Tiga Pilar Bantu Tingkatkan Capaian Vaksinasi di Gowa

“Tidak seperti dengan kanker paru-paru, kalau kita terkena kanker paru-paru tingkat kematiannya sangat tinggi. Bisa kita katakan kalau sudah terdiagnosa, maka sangat kecil harapan untuk sembuh. Tidak demikian dengan kanker payudara. Kalau kita terdiagnosa tapi kalau penanganannya baik, terdeteksi sejak dini maka itu bisa sembuh dengan baik,” ujarnya.

Olehnya itu, dr. Mirna Muis menyebutkan bahwa inilah perlunya dilakukan pemeriksaan dini sehingga penanganan bisa dilakukan cepat. Menurutnya pemeriksaan bisa dengan SADARI atau Pemeriksaan Payudara Sendiri.

“Kanker payudara itu bisa kita cegah, di atasi dan bisa sembuh kalau kita melakukan skrining tahap awal,” tambahnya.

Selain itu, hadir juga sebagai narasumber Doren Radiologi FK dr. Fatmasari, Sp.Onk.Rad. Kegiatan ini, juga pemeriksaan USG Skrining Tumor Payudara bagi anggota TP PKK Kabupaten Gowa. (jn/*)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Back to top button
Social Media Auto Publish Powered By : XYZScripts.com