EkonomiMetroNews
Trending

Kemendag Jadikan Dua Pasar di Makassar Percontohan Digitalisasi Pasar Rakyat

MAKASSAR, NEWSURBAN.ID — Kementerian Perdagangan memilih dua pasar tradisional di Kota Makassar menjadi percontohan digitalisasi pasar. Yakni, Pasar Kampung Baru dan Pabaengbaeng.

Ketua Asosiasi Pengelola Pasar Indonesia (ASPARINDO), Saharuddin Ridwan menyebutkan, ada 9 pasar yang kini sudah onbording pada platform Tokopedia.

Di antaranya ada pasar Kampung Baru dan Pabaeng-baeng perwakilan dari Makassar sebagai pasar percontohan se Indonesia.

Baca Juga: Digitalisasi Pasar, BI Pilih Pasar Kampung Baru Jadi Percontohan

“Alhamdulillah pasar kita bisa masuk kategori pasar percontohan di seluruh Indonesia. Dari 9 pasar yang sudah onboarding di plafform Tokopedia, dua di antaranya dari Makassar. Yakni, Pasar Kampung Baru dan Pabaeng-baeng,” ujarnya dalam Zoom meeting evaluasi program Digitalisasi Pasar Rakyat bersama Kementerian Perdangan.

Direktur Sarana Distribusi dan Logistik memimpin evaluasi tersebut, Kamis (24/12). Evaluasi sekaligus menindaklanjuti kerjasama dengan Tokopedia.

Lebih lanjut Sahar mengatakan, masuknya dua pasar di Makassar ini luar biasa. Namun, peningkatan harus terua berjalan terutama pada bagian admin.

Baca Juga: Asparindo Perkuat Digitalisasi Pasar Rakyat

“Saya kira ini hal yang luar biasa dan perlu ada peningkatan. Kita, kan juga sudah ada Baruga Pasar. Nah, Baruga Pasar inilah nantinya dapat membantu transaksi antara pedagang dan pembeli lewat platform digital tadi. Baik melalui Grab, Gojek maupun Tokopedia,” terang Sahar.

Ia mengatakan, Baruga Pasar bisa jadi penyambung dalam transaksi Digitalisasi Pasar yang baik. “Apalagi pasar kita di Makassar ini sudah sangat siap dengan program Digitalisasi Pasar ini. Ada Baruga Pasar, tinggal akan koordinasi dengan pihak Perumda Pasar Makassar,” terangnya.

Baca Juga: Apeksi Outlook 2022 Denpasar, Wali Kota Danny Tantang Profesional Bangun Branding Kolaborasi Seluruh Kota

Sementara itu, pihak Kementerian juga berharap data valid dari pihak pengelola pasar di seluruh Indonesia. Untuk mengetahui pasar mana saja yang dapat menjadi percontohan seperti Pasar Kampung Baru dan Pabaeng-baeng.

“Pasar rakyat di Makassar ini sudah sangat maksimal dan ini akan kami jadikan percontohan. Olehnya itu, kita nantinya berharap semua daerah bisa memberikan data validnya mana saja pasar tradisional yang mereka punya. Yang bisa kita jadikan percontohan,” pungkas Iqbal. (cr/*)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Back to top button
Social Media Auto Publish Powered By : XYZScripts.com