EkonomiNewsSulteng

Gubernur Rusdy Mastura Gembira, Baru Setahun Koperasi Relawan Merah Putih Sudah Punya Hasil

PALU, NEWSURBAN.ID β€” Gubernur Sulawesi Tengah H. Rusdy Mastura membuka RAT Koperasi Produsen RMP di Aula Hotel Paramasu, Rabu (5/1). Mendampingi Gubernur Rusdy Mastura, Tenaga Ahli Gubernur Rony Tanusaputra, Ketua Koperasi Relawan Merah Putih (RMP) Indonesia Mandiri Mahfud Masuara, Plt. Karo Adm Pimpinan Eddy Lesnusa serta pihak terkait lainnya.

Gubernur Rusdy menyatakan dirinya bergembira dan terharu karena Koperasi RMP telah berusia setahun. Di usia itu, telah menunjukkan hasil. Gubernur berharap ke depan pendobrak koperasi yang betul-betul bisa membangkitkan semangat karena koperasi memiliki sifat kegotongroyongan.

β€œMarilah kita menunjukkan bahwa koperasi betul-betul merupakan organisasi atau lembaga ekonomi yang bisa mengangkat taraf hidup rakyat. Jadilah koperasi seperti di Swedia (Sokoguru) Jangan menjadi koperasi yang mati-hidup,” sebut gubernur.

Baca Juga:Β Sidak Kantor OPD Awal 2022, Wagub Sulteng: Laksanakan Tugas dengan Prinsip Sengsara Membawa Nikmat, Bukan Sebaliknya

Lebih lanjut gubernur menyampaikan dirinya telah menandatangani kerjasama keredit usaha rakyat (KUR) senilai Rp 5 trilyun dengan pihak perbankan, RMP diharapkan menjadi pendamping dan penyuluh rakyat khususnya komoditi jagung yang memiliki prospek yang sangat menjanjikan.

β€œSaya telah bertemu Presiden. Saya sampaikan kalau suku bunga KUR 3 persen maka akan sangat membantu terutama dalam kondisi covid, akan tetapi dengan suku bunga 6 persen juga sudah sangat menguntungkan. Coba kalau kita menanam jagung dengan harga Rp 4.000 untuk 10 ton, kita bisa mendapatkan Rp 40 juta sementara pinjaman hanya Rp 14 juta tanpa jaminan. Kalau pinjaman kita kelola dengan baik, maka segalanya akan berjalan sesuai rencana, ” rinci gubernur.

Sebelumnya, Ketua Koperasi RMP Mahfud Masuara menyampaikan anggota yang sudah terdaftar dan telah memenuhi ketentuan sebanyak 4.600 orang. Dan telah membayar simpanan pokok dan iuran perbulan, sementara potensi keanggotaan baru sebanyak 20.000 orang.

Baca Juga:Β Wawali Reny Dampingi Gubernur Sulteng Tinjau Puskesmas Birobuli

Kehadiran Koperasi Produsen RMP gagasan Rony Tanusaputra lanjut Mahfud Masuara bukan hanya sebagai tim sukses. Akan tetapi juga memiliki tanggung jawab moral. Untuk mengawal visi-misi Gubernur-Wakil Gubernur untuk mensejahterahkan masyarakat di Sulawesi Tengah.

β€œBulan Desember kemarin kami telah melaksanakan pra RAT di delapan kantor yang sudah memiliki koperasi. Bertempat di Donggala 1, 2 dan 3, Parigi Moutong 1, 2 dan 3, Sigi 1. Pertemuan kali ini merupakan pleno dari pelaksanaan pra RAT sebelumnya,” jelas Mahfud Masuara.

Dirinya berharap dengan pelaksanaan RAT maka pengurus dan pengawas dari Koperasi RMP Indonesia Mandiri akan memberikan pertanggung jawaban. Karena dalam kurung setahun telah mengelola dana Rp 1 miliar lebih. Terdiri dari Rp. 600 juta berasal dari anggota dan Rp 800 juta merupakan dana penyertaan melalui Rony Tanusaputra.

Mahfud Masuara menambahkan, pihak koperasi juga telah memiliki toko sembako murah di Kota Palu dan rencana di tahun 2022 akan buka di 13 kabupaten/kota.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Back to top button