EkonomiMetroNews
Trending

Wali Kota Danny Aplaus Langkah Cepat RPH Makassar

MAKASSAR, NEWSURBAN.ID Wali Kota Makassar Moh. Ramdhan Pomanto memberi aplaus atas langkah RPH Makassar yang sudah bergerak lebih cepat. Meski baru terbentuk, langkah RPH menggarap tata niaga daging halal dan higienis untuk warga Kota Makassar sudah terlihat.

“Saya sangat menghargai usaha-usaha RPH sudah begitu dalam. Insya Allah satu bulan kemudian kita sempurnakan lagi. Selanjutnya kita masuk ke tahap regulasinya,” kata Danny.

Ia juga menyarankan agar RPH terus mematangkan diversifikasi daging yang bisa mencakup banyak item. Karena itu, RPH harus bisa membuat pemetaan daging berdasarkan jenis dan peruntukan.

Baca Juga: PHRI Sulsel Siap Bersinergi Bisnis dengan Perseroda RPH Makassar

“Misalnya, has untuk apa, konronya, dan lain-lain. Itu harus kita buatkan pemetaan dagingnya dulu. Kemudian membuat pemetaan potensi pasarnya dan pelayanannya. Sehingga RPH Makassar bisa menggarap pasar daging yang begitu besar,” tutur Danny.

Ia juga meminta pejabat Direksi RPH melibatkan ahli daging dan marketing daging dalam proses pemetaan. Sehingga konsepnya benar-benar matang sambil menunggu regulasinya.

“Kita harus belajar dari ahli daging, dari ahli marketing, dan ahli pasar untuk membuat konsep dan pemetaan. Jadi, tim ini tidak harus semua harus tahu. Libatkan para ahli,” kata Danny.

Baca Juga: Pertemuan dengan Agen, Pejabat Direksi Perseroda RPH Niaga Makassar Beberkan Keunggulan Bisnis Daging Lokal

Sebelumnya, Pejabat Direksi RPH Kota Makassar Syafrullah membeberkan konsep dan langkah yang telah ia lakukan. Mulai dari uji pemotongan yang higienis, pengelolaan pascapemotongan yang standar, serta potensi pasar. Termasuk langkah-langkah pertemuan dengan kalangan industri.

Salah satunya, dengan PHRI Sulsel. Asosiasi hotel dan restoran itu, memiliki banyak anggota dan merupakan industri yang selalu membutuhkan daging.

Taka hanya itu, Kang Rul sapaan Syafrullah, juga telah memaparkan rencana bisnis dan pengembangannya.

Selain RPH, pejabat direksi dan dewan pengawas lima BUMD lainnya juga memaparkan langkah-langkah percepatan yang telah mereka lakukan. Mereka adalah pejabat direksi PD Parkir, Perumda Pasar, Perumda PDAM, BPR Kota Makassar, dan PD Terminal.

Perlu Diversifikasi Usaha

Ketua Tim Percepatan Penataan BUMD Pemerintah Kota Makassar Prof. Aminuddin Ilmar menilai langkah-langkah percepatan dari para pejabat direksi masih pada tataran normatif.

Ia berharap pada pertemuan berikutnya, para direksi melaporkan langkah-langkah lebih spesifik. Seperti, diversifikasi usaha, rencana bisnis, dan pembenahan struktural.

Baca Juga: Perkuat Tata Niaga Daging Lokal, Perseroda RPH Matangkan Konsep

Danny Pomanto pun menegaskan, harus ada gagasan besar yang inovatif dari para pejabat direksi dalam pertemuan berikutnya. Sehingga, loncatan besar BUMD bisa tercapai.

Sementara Wakil Wali Kota Makassar berharap agar arahan dalam pertemuan benar-benar berjalan. Ia meminta pada pertemuan berikutnya, ada inovasi besar yang sifatnya konstruktif dan produktif. Shingga masyarakat dapat merasakan kehadiran BUMD milik Pemkot Makassar. (ar/*)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Back to top button
Social Media Auto Publish Powered By : XYZScripts.com