NewsSulsel

PAPDESI Sulsel Dukung Program Ketahanan Pangan Inisiasi Pj Gubernur Bahtiar

MAKASSAR, NEWSURBAN.ID – Persatuan Aparatur Pemerintah Desa Seluruh Indonesia (PAPDESI) Sulawesi Selatan (Sulsel) menyatakan mendukung penuh program prioritas Pj Gubernur Bahtiar Baharuddin terkait ketahanan pangan.

PAPDESI Sulsel menyatakan dukungan itu, saat silaturahmi dengan Bahtiar Baharuddin, di Ruang Rapat Pimpinan Kantor Gubernur Sulsel, Senin, 23 Oktober 2023.

Dalam silaturahmi ini, Pj Gubernur Bahtiar menjabarkan delapan program prioritasnya, serta upayanya dalam bertugas selama setahun ke depan memimpin Sulsel serta menyejahterakan masyarakat. Termasuk dalam sektor pertanian, peternakan dan perikanan.

Baca Juga: Datangi DPRD, Puluhan Kades di Bone Tolak Edaran Pj Gubernur Sulsel Soal Penggunaan Dana Desa Untuk Gerakan Menanam Pisang

Demikian juga dukungan Pemprov kepada desa dengan memberikan bantuan bibit untuk ketahanan pangan, sehingga dapat menjadi contoh bagi yang lain.

Ketua DPD PAPDESI Sulsel, Muhammad Darwis, menyatakan, mendukung program Pj Gubernur, termasuk dalam katahanan pangan. Menurutnya, hal tersebut berkaitan dengan roh Undang-undang Desa.

“Ini program budidaya pisang adalah program yang bagus. Ini sebenarnya bersinergi dengan Undang-undang Desa. Karena saya tahu persis awal dibuatnya undang-undang tersebut untuk naskah akademiknya. Dan program Pak Pj Gubernur itu bagus sekali,” terangnya.

Lanjutnya, program tersebut disesuaikan dengan tipologi desa. Bahwa dianjurkan ada sebagian dana desa digunakan, disesuaikan dengan tipologi desa untuk pemberdayaan desa.

“Teman-teman merespon dan meminta mau menanam sekian hektar. Merespon program ini,” ujarnya.

Baca Juga: Apdesi Akui Pj Gubernur Bahtiar Tulus untuk Rakyat Sulsel

Sebagai ketua, ia kemudian akan menyosialisasikan kapada anggota PAPDESI lainnya. “Program dana desa itu memang harus-diakselarasi dengan program Pak Gubernur. Terutama-disisihkan sedikit untuk pemberdayaan ekonomi,” jelasnya.

Sedangkan, Ketua PAPDESI Bulukumba, Amiruddin Nurdin Rasyid, juga siap mendukung program Pj Gubernur. Ia mengungkapkan, terdapat lahan tidur di Desa Ara yang dapat-ditanami untuk budidaya hortikultura.

Sementara, Kades Tanra Tuo, Kecamatan Cempa, Kabupaten Pinrang, Andi Asrul, optimistis budidaya pisang di Sulsel dapat sukses. Apalagi, banyak masyarakat Indonesia khususnya Sulsel yang membutuhkan komoditas ini.

“Masyarakat akan mencontoh jika ada yang sudah lihat keberhasilannya,” pungkasnya. (*)

Cek berita dan artikel lain di Google News

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Back to top button