NewsNusantaraSulawesiSulsel
Trending

HUT 678 Sidrap, Andi Sudirman Siapkan Anggaran Besar untuk Pembangunan di Bumi Nene Mallomo

SIDRAP, NEWSURBAN.ID — Peringatan HUT 678 Sidrap, Plt. Gubernur Sulawesi Selatan Andi Sudirman Sulaiman menyebutkan sejak 2019 hingga 2022, telah mengucurkan Rp234 miliar bantuan ke Kabupaten Sidenreng Rappang (Sidrap).

Andi Sudirman hadir bersama Plt Ketua Tim Penggerak PKK Sulsel, Naoemi Octarina pada Rapat Paripurna DPRD HUT 678 Sidrap, Jum’at (18/2). HUT 678 Sidrap mengangkat tema “Ekonomi Bangkit, Sidrap Kuat”.

“Sidrap sudah berumur 678 tahun dan di tahun ini. Juga Provinsi Sulsel telah melakukan sinergitas pembangunan di Sidrap. Secara khusus, Alhamdulillah sudah tercatat sampai tahun ketiga kami, sudah Rp 234 miliar APBD Provinsi (Sulsel) mengucur ke Sidrap,” kata Andi Sudirman Sulaiman.

Selain itu, ia menyerahkan bantuan keuangan daerah sebesar Rp6 miliar. Bantuan ini, untuk pembangunan jembatan dan rehabilitasi daerah irigasi.

Tahun ini, juga terdapat anggaran kurang lebih sebesar Rp66 miliar. Termasuk, di antaranya untuk pembangunan infrastruktur jalan ruas Pangkajene – Soppeng, Pembangunan jembatan sungai Malake, dan penyelesaian pembangunan Rest Area.

Andi Sudirman juga berharap, Sidrap tetap sebagai sentra produksi beras bagi Sulsel dan Nasional. Demikian pula dengan komoditas peternakan ayam petelur.

“Harapan kita semunya, Sidrap ini selalu menjadi ujung tombak dalam kedaulatan pangan di Sulsel,” sebutnya.

Tahun ini, lanjut Andi Sudirman, akan di hasilkan benih unggul yang-ditangkar oleh Pemprov Sulsel. Penanaman benih ini, melibatkan petani penangkar. Rencananya, hasil dari benih ini akan di bagikan gratis ke petani.

Selain itu, Plt. Gubernur tetap mengingatkan untuk mengebut vaksinasi, terutama bagi lansia dan tetap memperketat protokol kesehatan Covid-19.

Pembangkit Listrik Energi Terbarukan

Sementara, Bupati Sidrap, Dollah Mando menyebutkan, menyebutkan, pandemi Covid-19 berdampak pada berbagai aspek termasuk pertumbuhan ekonomi.

Bupati Dollah Mando, juga menyampaikan, mewakili pemerintah dan masyarakat Sidrap mengucapkan terima kasih kepada Pemprov dan Plt. Gubernur Sulsel, atas dukungan pembangunan di Sidrap utamanya bidang infrastruktur.

“Dukungan ini, baik yang di laksanakan langsung oleh Pemprov Sulsel maupun melalui skema bantuan keuangan daerah sebagai bentuk sinergitas pembangunan daerah sangat membantu masyarakat Sidrap,” katanya.

Berbagai agenda terlaksana pada paripurna ini. Selain bantuan keuangan daerah, Plt. Gubernur juga Penyerahan bantuan 1 Unit mobil operasional untuk optimalisasi penerimaan pendapatan asli daerah. Selain itu, peresmian proyek tahun 2021, penyerahan piagam warisan tak benda Indonesia dari Menteri Pendidikan Indonesia ke Bupati Sidrap.

Andi Sudirman, juga melakukan penandatanganan MoU dengan UPC Renewable Limited tentang pengembangan proyek pembangkit listrik energi terbarukan di Provinsi Sulsel. Serta menyaksikan penandatangan PKS antara Sidrap dengan PT Pelindo 4 terkait pelayanan tata pelabuhan dan bidang lainnya.

Sedangkan Bupati Sidrap menyerahan hasil rumusan musyawarah tudang sipulung terpadu Kabupaten Sidrap 2022 ke Andi Sudirman. (cr/*)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Back to top button