NewsNusantaraSulawesiSulsel
Trending

Plt Gubernur Sulsel Beri Bantuan Keuangan Rp30 Miliar Untuk Pembangunan Jembatan Kembar Jalan Lingkar Parepare

PAREPARE, NEWSURBAN.ID — Pelaksana Tugas (Plt) Gubernur Sulsel, Andi Sudirman Sulaiman memberikan bantuan keuangan Rp30 miliar untuk pembangunan jembatan kembar jalan lingkar Parepare.

Bantuan itu, ia serahkan secara simbolis saat menghadiri Rapat Paripurna 62 Tahun Kota Parepare di Kantor DPRD, Selasa, 1 Maret 2022.

Selain bantuan keuangan Rp. 30 miliar, dalam kesempatan itu, Andi Sudirman juga menyatakan Pemprov telah menggelontorkan lebih dari Rp. 117 miliar untuk pembangunan di Kota Parepare.

Sebelumnya, Pemprov Sulsel telah memberikan bantuan keuangan daerah bawahan itu tahun anggaran 2021 senilai Rp 10 miliar. Bantuan itu, untuk pembangunan jalan lingkar tengah (Swaka Alam Lestari) sepanjang 1,3 KM yang mendukung jalur Kereta Api Makassar-Parepare.

“Hari ini, Pemprov memberikan bantuan kuangan. Karena sudah terserap 100 persen (bantuan keuangan 2021), di berikan sebesar Rp. 30 miliar untuk bangun Jembatan Kembar Jalan Lingkar Parepare,” kata Andi Sudirman.

Bantuan keuangan daerah bawahan kepada Pemerintah Kota Parepare TA. 2022 ini, untuk pembangunan jembatan kembar jalan lingkar tengah dengan panjang bentangan 80 meter.

Akses ini, sebagai alternatif jalan lingkar untuk mengurai kemacetan. Termasuk mensupport sistem kereta api nantinya yang stasiun utamanya berhadapan langsung.

“Nantinya akses ini, mendukung pembangunan jalur kereta api Makassar-Parepare yang merupakan proyek strategis nasional. Juga akan mempercepat penyaluran barang dan jasa, dan mengurangi kemacetan di jalur utama,” sebutnya.

Di ketahui, Pemerintah Pusat menghadirkan salah satu proyek strategis nasional di Sulawesi Selatan, yakni pembangunan jalur Kereta Api Makassar-Parepare.

Pemprov juga telah menghadirkan Rumah Sakit Regional dr. Hasri Ainun Habibie di Kota Pare-pare yang telah beroperasi dan telah melayani masyarakat.

Ia berharap, 62 tahun Kota Parepare, dapat lebih bersinergi membangun Kota Parepare menuju pemulihan ekonomi berkelanjutan.

Pertumbuhan Ekonomi Kota Parepare

Sementara, Wali Kota Parepare, Taufan Pawe mengatakan, Pemerintah Kota Parepare telah menetapkan TA.  2022 sebagai Tahun Pemulihan Ekonomi Berkelanjutan. Artinya, kata dia, kebijakan Pemkot Parepare terkait Pemulihan Ekonomi tetap berlanjut. Bahkan, akan semakin mengoptimalkan upaya-upaya dalam pemulihan ekonomi. Termasuk, protokol kesehatan tetap di laksanakan secara ketat.

Menurutnya, pertumbuhan ekonomi Parepare sekarang ini sudah mulai bangkit yaitu 4,41 persen. Sementara pembangunan di kota kelahiran Presiden Habibie ini juga berkembang berkat dukungan Pemprov Sulsel.

“Saya berkeyakinan kehadiran Bapak Plt. Gubernur Sulsel adalah bagian tanggung jawab dan koordinasi. Saya sebagai kepala daerah akan berkomitmen kuat mendukung dan mensupport serta bersinergi dengan pemerintah Provinsi Sulsel,” sebutnya.

“Saya ucapkan terima kasih Pak Gubernur. Kami bisa mempertanggungjawabkan dana provinsi yang di kucurkan di Kota Parepare ini. Saya yakin ini adalah amalan jariyah Bapak Plt. Gubernur,” pungkasnya. (ar/*)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Back to top button