KalimantanNewsNusantaraSulawesiSulsel
Trending

Diundang Menteri LHK ke PPU, Gubernur Rusdy Sampaikan Langkah Strategis Jadikan Sulteng Penyangga IKN

PPU, NEWSURBAN.ID — Gubernur Sulawesi Tengah H. Rusdy Mastura kembali menyampaikan kesiapan Sulteng penyangga IKN (Ibu Kota Negara) Nusantara di Penajam Paser Utara ( PPU ) Kalimantan Timur.

Hal itu, ia sampaikan saat menghadiri undangan Menteri Lingkungan Hidup dan Kehutanan (LHK) Siti Nurbaya Bakar, meninjau lokasi Ibu Kota Negara (IKN) di PPU, Kalimantan Timur, Sabtu (12/3).

Kepada Menteri LHK, Gubernur Rusdy juga menyatakan mengapresiasi dan mendukung kebijakan Presiden Joko Widodo. Untuk memindahkan Ibu Kota Negara (IKN) ke Kalimantan Timur.

Pada kesempatan itu pula, Gubernur Rusdy memaparkan upayanya untuk menjadikan Sulteng jadi penyangga IKN Nusantara.

“Pemerintah Selawesi Tengah dan masyarakat saat ini juga sudah mempersepakan diri untuk menjadi penyangga IKN. Pemprov dan masyarakat Sulteng menyokong sesuai dengan potensi yang di miliki. Seperti Potensi Pertanian, tambang galian C yang sangat di butuhkan dalam konstruksi pembangunan IKN Nusantara,” tutur Rusdy.

Upaya Sulteng jadi IKN Nusantara, tidak hanya dari OPD Pemprov dan masyarakat Sulteng, dukungan juga datan dari beberapa Kementerian. Dukungan itu, saat mereka berkunjung ke Sulawesi Tengah dan melihat langsung kondisi geografis dan masyarakat Sulteng.

“Banyak dukungan strategis untuk mempersiapkan Sulteng penyangga IKN. Seperti pembanguan  industri perikanan halal, pembanguan food estate. Juga, pembangunan infrastruktur yang mendukung keberadaan IKN baru, seperti infrastruktur jalan dan jalur tol laut. Belum lagi wilayah letaknya langsung berhadapan dengan IKN,” jelas Rusdy.

Dari sisi potensi alam, kata dia, Sulteng memiliki sumber daya alam, pertanian , perkebunan dan parawisata.

“Dengan potensi itu, Sulawesi Tengah akan menjadi daerah di luar Kalimantan yang terdampak langsung manfaat kehadiran IKN,” kata Gubernur Rusdy di dampingi sejumlah pimpinan OPD Provinsi Sulawesi Tengah dan Karo Administrasi Pimpinan. (bap/ysf)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Back to top button