NewsNusantaraSulawesiSulsel
Trending

Bupati Adnan Dorong Program Gerakan Pramuka Lebih Inovatif dan Ikut Perkembangan Zaman

Buka Raker Kwarcab Gowa

GOWA, NEWSURBAN.ID β€” Bupati Gowa sekaligus Ketua Majelis Pembimbing Cabang (Mabicab) Gerakan Pramuka Kwarcab Gowa, Adnan Purichta Ichsan menitipkan harapan agar program Gerakan Pramuka lebih inovatif, kreatif, dan adaptif atau mengikuti perkembangan zaman.

Menurut Adnan, hal itu penting, karena masih berada pada situasi pandemi Covid-19. Sehingga penyesuaian yang sebelumnya telah-dilakukan, perlu lebih-ditingkatkan dengan inovasi yang baru.

β€œMeskipun pandemi, kegiatan Pramuka tidak boleh berhenti. Salah satu prinsip dari Pramuka itu adalah pantang putus asa. Jadi, kita harus menyusun program yang inovatif dan adaptif mengikuti perkembangan zaman dan mengikuti situasi yang ada saat ini,” tutur Adnan dalam sambutannya pada Pembukaan Rapat Kerja Cabang Gerakan Pramuka Kwarcab Gowa di Baruga Karaeng Galesong, Kantor Bupati Gowa, Selasa (22/3).

Kegiatan yang bertujuan untuk menyusun pedoman kerja di tahun 2022 ini dilaksanakan dengan menghadirkan pengurus Kwarcab serta seluruh Kwartir Ranting untuk bisa memberikan saran dan masukan kegiatan dan program apa saja yang akan dilaksanakan selama 1 tahun mendatang.

“Gerakan Pramuka ini tiada lain untuk menyiapkan remaja dan pemuda dari pembangunan estafet kepemimpinan melalui pendidikan karakter. Apalagi di wilayah Kabupaten Gowa, Pramuka ini memang cukup banyak partisipasinya di masyarakat,” ungkapnya.

Di Kabupaten Gowa sendiri, Pramuka banyak berkolaborasi dengan banyak pihak, untuk terus melakukan pengabdian kemanusiaan. Khususnya pada waktu pelaksanaan PSBB dan PPKM, Pramuka juga turut terlibat sebagai tim pendukung dalam pelaksanaannya.

“Pramuka Kwarcab Gowa juga aktif untuk membantu saudara – saudara kita yang terkena bencana banjir dan longsor yang kemarin terjadi di beberapa kabupaten. Tim Pramuka Peduli selalu siaga dalam kesiapsiagaan bencana di seluruh wilayah di Sulawesi Selatan,” ujar Bupati Gowa dua periode ini.

Persiapan Jambore Nasional

Menyambut Jambore Nasional yang akan berlangsung pada Agustus 2022, Gerakan Pramuka Kwarcab Gowa juga telah menyiapkan 2 regu Pramuka Penggalang. Untuk di kirim sebagai peserta yang nantinya akan berpartisipasi dalam kegiatan tersebut.

“Sebagai ajang jumpa kecakapan, perwakilan yang akan di kirim ke Jamnas adalah Penggalang Pramuka Garuda. Yang memiliki kemampuan serta pilihan terbaik di Kabupaten Gowa. Dan, sebelum kita berangkatkan, akan kita latih lagi sebagai pemantapan agar dapat mengukir prestasi di Jamnas nanti,” tambahnya.

Orang nomor satu di Kabupaten Gowa ini, juga berjanji untuk tetap menyelesaikan Bumi Perkemahan Cadika. Sebelum masa jabatannya sebagai Bupati berakhir.

“Kita sudah komitmen untuk pembangunan itu sejak saya di lantik sebagai Ketua. Tetapi kan kita tidak memprediksi bahwa ada yang namanya pandemi. Sehingga tadi saya menyampaikan, Insya Allah sebelum masa jabatan berakhir sebagai Bupati pembangunan akan kita selesaikan,” tegasnya.

Kegiatan yang bertema “Bergiat Kreatif, Inovatif, dan Adaptif, Wujudkan Bakti Untuk Bangsa” ini juga di hadiri oleh perwakilan dari Kwarda Sulsel; Pengurus Kwarcab dan Kwarran Gowa, serta perwakilan anggota Pramuka Se-Kabupaten Gowa. (ps/ar)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Back to top button