NewsSulsel
Trending

Percepatan Pembangunan Daerah, Wabup Gowa Akui Dukungan TNI Sangat Membantu

Terima Kunjungan Pangdam XIV Hasanuddin

GOWA, NEWSURBAN.ID — Percepatan pembangunan daerah sangat terbantu dengan adanya dukungan dari TNI. Hal itu, di rasakan Pemerintah Kabupaten Gowa, terutama sejak masa pandemi.

Hal itu, disampaikan Wakil Bupati Gowa, H. Abd Rauf Malaganni usai menerima kunjungan kerja Pangdam XIV/ Hasanuddin, Mayjen TNI Andi Muhammad di Kodim 1409/Gowa, Jumat (8/4).

Dia mengatakan, keberhasilan percepatan pembangunan daerah saat ini, juga tidak terlepas dari adanya kolaborasi seluruh stakeholder. Salah satunya, kontribusi TNI dalam mendukung penuh program-progam yang di canangkan untuk kemajuan daerah.

Baca Juga: Pemkab Gowa Gandeng Kodim 1409 Remajakan Pohon Pelindung

“Sinergi dan kolaborasi yang baik selama ini, telah di jalakan antara Pemkab Gowa dan TNI. Baik yang sifatnya fisik, maupun program – program sosial kemasyarakatan, termasuk dalam penanganan Covid-19,” katanya.

Menurutnya, dukungan TNI dalam percepatan penanganan Covid-19 terlihat nyata. Dengan keterlibatannya membantu pemerintah daerah dalam mempercepat capaian cakupan vaksinasi.

Selain itu, keterlibatan TNI, melalui Kodim 1409/ Gowa juga ikut aktif melakukan kegiatan vaksinasi di beberapa titik yang ada di Kabupaten Gowa.

Tidak hanya itu. Kegiatan lainnya, yakni kerjasama Pemkab Gowa dan Kodim 1409 melakukan pembangunan di desa-desa. Program ini, di jalankan melalui program TNI Manunggal Masuk Desa (TMMD) di daerah-daerah terpencil.

Baca Juga: Dekranasda Kabupaten Gowa Di harap Jadi Pionir Kerajinan Lokal

Belum lagi, beberapa waktu lalu di lakukan penandatanganan kerjasama untuk peremajaan pohon pelindung di beberapa titik di Kabupaten Gowa.

“Ini semua tentunya tidak lepas dari dukungan TNI kepada pemerintah daerah,” tegasnya.

Wabup Gowa yang akrab sapaan Karaeng Kio’, juga menyampaikan sambutannya atas kedatangan Pangdam XIV/ Hasanuddin dengan tujuan untuk melihat langsung kondisi nyata di lapangan, –bagaimana tugas pokok struktur TNI bekerja mulai dari pucuk pimpinan di Kodim, hingga Babinsa di tingkat desa dan kelurahan.

“Kami ucapkan selamat datang di Kabupaten Gowa kepada Pangdam XIV/Hasanuddin. Semoga dengan kehadirannya di Kabupaten Gowa dapat semakin meningkatkan kolaborasi yang baik antara Pemkab Gowa dan Kodim 1409/Gowa,” ujarnya.

Baca Juga: Delapan Fraksi DPRD Gowa Setuju Bahas Ranperda Perusahaan Umum Tirta Jeneberang

Sementara dalam arahannya, Pangdam XIV/ Hasanuddin mengapresiasi Kodim 1409/Gowa yang telah melaksanakan tugasnya dengan baik dalam bersinergi bersama Forkopimda setempat, –serta adanya upaya – upaya dalam melakukan kolaborasi termasuk juga dengan para tokoh masyarakat, tokoh adat, dan tokoh agama.

“Sebagai putra asli Sulawesi Selatan, ketika berkunjung ke wilayah, saya selalu menyampaikan bahwa Tripilar ( Tiga Pimpinan Kelurahan/Desa) adalah ujung tombak yang membantu melaksanakan program – program pemerintah,” sebutnya.

Olehnya itu, dia mengharapkan sinergitas dan soliditas yang tinggi antara Lurah/ Kepala Desa, Babinsa, dan Bhabinkamtibmas dalam menjalankan tugas – tugasnya.

Baca Juga: Sambut Pangdam XIV Hasanuddin, Bupati Adnan Harap Kerjasama dalam Pembangunan Terus Terjalin

Untuk itu, cucu dari Pahlawan Nasional Andi Mappanyukki ini, menitipkan pesan kepada Tripilar. Untuk terus mengayomi dan membantu masyarakat terutama di masa pandemi Covid-19 ini.

Menurutnya, pandemi Covid -19 yang terjadi cukup panjang ini paling berdampak pada sektor ekonomi masyarakat yang terus mengalami penurunan. Karena itu, dalam setiap kunjungannya, Pangdam XIV/ Hasanuddin, sellau merangkaikan dengan pelaksanaan bakti sosial, –berupa, pemberian bantuan sembako kepada masyarakat kurang mampu.

“Di masa pandemi ini, masyarakat perlu adanya sentuhan – sentuhan, salah satunya yaitu kita bisa memberikan sesuatu misalnya sembako. Paling tidak kita bisa membantu meringankan beban masyarakat dalam mengatasi kesulitannya,” pungkasnya.

Baca Juga: Gowa Raih Penghargaan Akselarasi Capaian Kinerja Pembangunan di Musrenbang RKPD Provinsi Sulsel

Pada kesempatan ini, juga di laksanakan penyerahan secara simbolis kunci Aula VIP Kodim 1409/ Gowa dari Pemkab Gowa kepada Pangdam XIV/Hasanuddin, sekaligus penandatanganan prasasti peresmian Aula VIP dan Pagar Kodim 1409/ Gowa.

Pada kunjungan kerja ke Kabupaten Gowa ini, Pangdam di dampingi oleh Ketua Persit Kartika Chandra Kirana PD XIV Hasanuddin Ny. Amelia Andi Muhammad.

Turut hadir pada kesempatan ini, Danrem 141/TP Brigjen TNI Djashar Djamil, unsur Forkopimda Kabupaten Gowa; para Babinsa, Bhabinkamtibmas serta Kepala Desa di wilayah Kabupaten Gowa. (ps/ar)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Back to top button