NewsSulsel

Silaturahmi ke Kedatuan Luwu, Bahtiar Baharuddin Dihadiahi Keris Sapukala

PALOPO, NEWSURBAN.ID – Penjabat (Pj) Gubernur Sulsel, Bahtiar Baharuddin dihadiahi Keris Sapukala saat melakukan silaturahmi Pj Ketua TP PKK Sulsel, Sofha Marwah ke Kedatuan Luwu, di Istana Datu Luwu, Minggu, 5 November 2023. Keduanya disambut secara adat yang disebut mappesabi atau silaturahmi memohon restu kepada yang dimuliakan di Tana Luwu.

Di depan gerbang, Bahtiar dan Sofha Marwah dijemput dengan payung kebesaran Kedatuan Luwu. Kemudian-ditarik masuk ke dalam Istana dengan kain Lawolo, dan-disambut dengan tarian. Kedatuan Luwu merupakan kerajaan yang-dituakan di antara tiga kerajaan Tellumpoccoe, selain Kerajaan Bone dan Gowa.

Hadir Ketua Dewan Adat Kedatuan Luwu, Andi Sitti Huzaimah Mackulau Opu Daeng RI Pajung (Cenning Luwu) dan Anggota Dewan Adat 12 Kedatuan Luwu, Pj Wali Kota Palopo Asrul Sani, dan Anggota DPRD Sulsel, Fadriyati.

Baca Juga: Jemput Bola, Pemprov Sulsel Fasilitasi Perekaman e-KTP Bagi Pemilih Pemula di Kabupaten Luwu

Yang Mulia Datu Luwu XL H. Andi Maradang Mackulau, S.H Opu To Bau yang-disampaikan oleh Opu Maddika Bua, YM Andi Syarifuddin Kaddiraja, S.E Opu To Sattiaraja, menyebutkan, kehadiran Bahtiar menjadi suatu dokumen yang luar bjasa bagi Istana Kedatuan Luwu, dan akan tercatat di dalam sejarah kelak.

“Harapan kami, semoga kehadiran Bapak Pj Gubernur beserta ibu pada hari ini, bukan yang pertama dan yang terakhir,” katanya.

Lanjutnya, Istana Kedatuan Luwu dan seluruh Perangkat Adat Kedatuan Luwu sudah menjadi salah satu dan tercatat dalam satu cagar budaya untuk kabupaten dan sudah-diusulkan untuk menjadi cagar budaya di tingkat provinsi.

“Harapan kami selanjutnya bukan cuma di tingkat provinsi tetapi semoga atas perjuangan penjabat gubernur bisa menjadi cagar budaya tingkat nasional, ini harapan kami,” harapnya.

Baca Juga: Antusias Sambut Kedatangan Sofha Marwah, Bupati Luwu Utara Siap Kawal Program PKK Sulsel

Sedangkan Penjabat Gubernur Sulsel, Bahtiar Baharuddin, menyampaikan, sebagai gubernur akan menempatkan dan memperlakukan Kedatuan Luwu. Sebagai lembaga adat yang sangat di hormati sebagai bagian dari sistem budaya, sistem sosial, sekaligus sistem pemerintahan.

“Sehingga kita perlakukan sepantasnya dan sepatutnya karena kita bisa ada hari ini, karena ada tokoh-tokoh kita. Kita sebagai perantau dan-dihormati di kampungnya orang karena ada ajaran, pa’paseng dari orang tua kita. Itulah yang membuat kita berkarakter dan membedakan dengan bangsa yang lain,” terangnya.

Atas nama pribadi, keluarga serta masyarakat dan Pemerintah Provinsi Sulsel, Bahtiar mengucapkan terima kasih atas segala kehormatan dan kemuliaan-diterima di Istana Luwu. Sebagai penjabat yang akan memimpin hingga tahun depan, ia memohon restu.

“Mohon bantuan dan dukungan ta’. Saya Insya Allah sampai tahun depan akan memimpin daerah ini dan mudah-mudahan saya menjadi pemimpin yang adil dalam menjalankan amanah dari negara,” ujarnya.

Baca Juga: Sofha Marwah Harap PKK Luwu Bersinergi Sukseskan Program Prioritas Pemprov Sulsel

Prosesi di lanjutkan dengan pemberian cenderamata ke Bahtiar Baharuddin dari Kedatuan Luwu. Cenderamata, berupa pemberian keris, pemasangan pin, pemasangan songkok racca.

Untuk keris yang di berikan adalah Keris Sapukala. Sulewatang Songka, Subhan Tosangkawana, menyampaikan, jenis keris sapukala atau keris lurus, biasanya di pegang dewan adat atau orang kepercayaan raja.

Keris terbuat dari besi pamoro, besi mengandung material meteorite. Banyak terdapat di Ussu, Luwu Timur

“Keris Luwu jenis sapukala yakni keris dengan mata lurus mengandung makna harapan. Agar pembawanya senantiasa bertindak lurus, tegas, mencintai dan di cintai masyarakat,” ucapnya

“Naiyyapa mualai melleku, Mukapang Pa Riolomu, Padaanna bessi Luwu. Nanti juga kau dapat cintaku, nanti jika aku di hadapanmu, laksana besi dari Luwu,” sebutnya.

Sedangkan kepada Sofha Marwah, di lakukan pemasangan pin kesatuan dari Opu Cenning Luwu. (*)

Cek berita dan artikel lain di Google News

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Back to top button