InternasionalNasionalNewsNusantaraPendidikan
Trending

Megawati Terima Gelar Profesor Kehormatan Tertinggi dari SIA

JAKARTA, NEWSURBAN.ID — Megawati terima gelar profesor kehormatan tertinggi (Honorary Chair Professor) di Korea Selatan. Presiden Kelima Republik Indonesia (Megawati Soekarnoputri) itu menerima gelar tersebut dari Institut Seni Seoul (Seoul Institute of The Arts/SIA), Rabu kemarin (11/5).

Hingga kini, Megawati tercatat telah menerima 11 gelar kehormatan dari universitas yang berbeda sepanjang 2001-2022. Rinciannya dua gelar profesor kehormatan dan sembilan doktor honoris causa.

Mengutip buku Satyam Eva Jayate, Megawati pertama kali menerima gelar doktor kehormatan atau doktor honoris causa dari Waseda University Tokyo, Jepang dalam bidang hukum pada 29 Agustus 2001.

Baca Juga: Hadiri Pelantikan Presiden Korsel Yoon Suk Yeol, Megawati Akan Gelar Pertemuan Bilateral

Kemudian Ketua Umum PDIP itu menerima gelar doktor honoris causa kedua dari Moscow State Institute of International Relations, Rusia dalam bidang politik pada 22 April 2003.

Megawati juga pernah menerima doktor honoris causa dari Korea Maritime and Ocean University, Busan, Korea Selatan dalam bidang politik pada 19 Oktober 2015.

Selanjutnya ia menerima doktor honoris causa dari Universitas Padjadjaran Bandung dalam bidang politik dan pemerintahan pada 25 Mei 2016. Padaa 2017, Megawati kembali menerima doktor honoris causa dari Mokpo National University, Korea Selatan dalam bidang ekonomi demokrasi pada 16 September 2017.

Baca Juga: Megawati Ingatkan Jokowi: Keterikatan Perjuangan Rakyat dan Pendiri Bangsa Mulai Hilang

Kemudian ia menerima doktor honoris causa dari Universitas Negeri Padang dalam bidang politik pendidikan pada 27 September 2017. Lalu Megawati menerima doktor honoris causa dari Institut Pemerintahan Dalam Negeri dalam bidang poltik pemerintahan pada 8 Maret 2018.

Selanjutnya ia menerima doktor honoris causa dari Fujian Normal University di China dalam bidang diplomasi ekonomi 5 November 2018. Dua tahun setelahnya, Megawati mendapatkan gelar doktor honoris causa untuk bidang kemanusiaan dari Universitas Soka, Tokyo, Jepang.

Megawati juga tercatat menerima gelar Prof. Dr. (H.C) atau profesor kehormatan dengan status guru besar tidak tetap dari Universitas Pertahanan (Unhan) pada 11 Juni 2021. Gelar tersebut diberikan mempertimbangkan masa pemerintahannya ketika menjabat presiden, ia dinilai berhasil memimpin Indonesia di tengah masa krisis.

Baca Juga: PDIP, Partai Gerindra dan Golkar Masuk Tiga Besar Pileg 2024

Terakhir, Ketua dewan pengarah BPIP itu resmi menerima gelar profesor kehormatan tertinggi dari SIA Korea Selatan. Gelar itu dianugerahkan dengan mempertimbangkan kiprah Megawati di bidang politik dan sosial pada disiplin ilmu kebijakan seni dan ekonomi kreatif. (cn/cr)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Back to top button