NewsNusantaraSulsel

Jadi Prioritas Gubernur Andi Sudirman, Jalan Ruas Burung-burung – Bili-bili Masuki Tahap Pengujian Sampel Lingkungan

GOWA, NEWSURBAN.ID — Ruas jalan provinsi Jalan Tun di Kabupaten Gowa menjadi perhatian Andi Sudirman yakni ruas Burung-burung. Ada tiga ruas yang ditangani pada paket burung-burung, yakni Jalan Yasin Limpo, Jalan Burung-burung – Bili-bili dan Jalan Burung-Burung – Benteng Gajah.

Untuk Penanganan ruas Bu’rung-bu’rung – Bili-bili saat ini memasuki tahap pengujian sampel lingkungan oleh Laboratorium Dinas Pengelolaan Lingkungan Hidup (DPLH) Sulsel. Adapun penanganan ruas ini dengan anggaran Rp6,5 miliar.

Baca Juga: Longsor di Simbuang Toraja, Dinas PUTR Sulsel Lakukan Penanganan Darurat

Kepala Dinas DPLH Sulsel, Andi Hasbi mengatakan, pada prinsipnya bahwa bukan hanya kegiatan pelaku usaha/swasta yg diwajibkan melakukan pemantauan dan pengelolaan lingkungan tetapi pelaksanaan kegiatan Pemprov.

“Pada prinsipnya pada pelaksanaan kegiatan Pemprov juga wajib melakukan pengelolaan lingkungan untuk kepentingan masyarakat dan lingkungan, termasuk pada pelaksanaan pengerjaan jalan,” kata Andi Hasbi, Kamis, 14 Juli 2022.

Baca Juga: Prioritas Gubernur, jalan Rusak di Ruas Salaonro-Ulugalung di Wajo Tengah Progres Rekonstruksi

Pengujian kualitas udara di lakukan untuk mengetahui apakah kegiatan yang berlangsung dalam pembangunan tidak melampaui baku mutu udara ambien (ukuran batas atau kadar zat).

“Bila-didapati data yang melebihi baku mutu ambien, maka harus-dihentikan. Dan, di lakukan perbaikan tata cara pelaksanaan maupun teknologi yang-digunakan,” sebutnya.

Baca Juga: Jadi Prioritas Gubernur Sulsel, Jalan Tun Abdul Razak Gowa Mulai Di kerjakan

Untuk ruas ini, uji coba yang-dilakukan sebelumnya,didapat kualitas udara ambien di lokasi proyek masih jauh di bawah baku mutu yang-dipersyaratkan. Atau masih tidak berbahaya bagi masyarakat dan lingkungan yang ada di sekitar pelaksanaan kegiatan. (cr/*)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Back to top button