NewsSulsel

Bupati Andi Utta Bagikan Ribuan Bibit Unggul Tanpa APBD

BULUKUMBA, NEWSURBAN.ID — Untuk kesekian kalinya, Bupati Bulukumba, Andi Muchtar Ali Yusuf (Andi Utta) membagikan ribuan bibit unggul kepada warganya. Kali ini, sebanyak 2500-an bibit unggul jenis mangga.

Anggaran bibit unggul ini, tak berasal dari Anggaran Pendapatan dan Belanja Daerah (APBD). Tapi dari dana Coorporate Social Responsibilty (CSR) perusahaan PT Amaly Grup.

“Alhamdulillah kembali kita membagikan bibit unggul jenis mangga kepada para petani. Tapi, kita bagikan melalui kepala dusun dan kepala lingkungannya,” kata Kadis Pertanian dan Ketahanan Pangan Bulukumba, Thaiyeb Maningkasi di sela-sela pembagian bibit unggul di halaman Kantor Bupati, Senin, 19 September 2022.

Baca juga: Pertama Kali, Bupati Andi Utta Serahkan SK PPPK Nakes

Hanya saja, kata Thaiyeb, bibit unggul mangga ini tidak merata dibagikan ke semua desa di Bulukumba. Sebab, ada faktor kondisi alam yang berbeda-beda. Sehingga harus menyesuaikan.

“Jadi seperti itu pemetaannya karena kalau kita menyamaratakan, nanti hasilnya tidak bagus. Sebab, tidak sesuai antara karakteristik tanaman dengan kondisi alam,” jelasnya.

Kepala Dinas Pemberdayaan Masyarakat dan Desa (DPMD), Akhmad Januaris mengaku memang tak semua kecamatan mendapatkan bibit unggul gratis, begitupun tak semua desa dalam kecamatan tersebut.

Baca juga: Bupati Andi Utta Resmikan 10 Unit Rutilahu

“Saya melaksanakan perintah Pak Bupati menyampaikan kepada kepala desa dan lurah untuk membawa kepala dusun dan kepala lingkungannya untuk menerima bibit unggul gratis ini,” ujarnya.

Sementara itu, Kepala Dusun Kailia Desa Tamalanre Kecamatan Bontotiro, Safaruddin mengaku salut dengan ketulusan Bupati dalam membantu warganya.

“Alhamdulillah dengan adanya bantuan ini, mayarakat merasa sangat terbantu. Kalau di dusun kami sebelumya, ada warga kami yang sudah menanam 500 pohon bibit unggul dengan biaya pribadinya,” tukasnya.

Baca juga: Bupati Andi Utta Serahkan Bantuan Baznas Bulukumba

Sebeumnya, Bupati Andi Muchtar Ali Yusuf di berbagai kesempatan menyampaikan niatnya untuk mengangkat ekonomi masyarakat melalui program bibit unggul pertanian.

Alasannya, Bulukumba merupakan daerah dengan mayoritas petani. Hitungannya sekira 72 persen, masyarakat Bulukumba menggantungkan hidupnya di sektor pertanian. Selebihnya, sektor perikanan-kelautan, pariwisata dan lainnya.

Berikut Desa dan Kelurahan dapat bantuan:

Kecamatan Bontotiro
1. Desa Tri Tiro 3 Dusun
2. Desa Tamalanrea 5 Dusun
3. Desa Bonto Marannu 3 Dusun
4. Desa Batang 5 Dusun
5. Desa Bonto Tangnga 4 Dusun

Kecamatan Gantarang
1. Kelurahan Jalanjang 3 Lingkungan
2. Kelurahan Mariorennu 3 Lingkungan

Kecamatan Herlang
1. Desa Singa 4 Dusun
2. Desa Gunturu 5 Dusun
3. Desa Tugondeng 5 Dusun
4. Desa Pataro 4 Dusun

Kecamatan Bonto Bahari
1. Kelurahan Sapolohe 3 Lingkungan
2. Kelurahan Benjala 3 Lingkungan

Kecamatan Ujung Loe
1. Desa Bijawang 4 Dusun
2. Desa Seppang 4 Dusun
3. Desa Padangloang 3 Dusun
4. Desa Salemba 3 Dusun
5. Desa Manjalling 3 Dusun

Kecamatan Kajang
1. Desa Possitanah 5 Dusun
2. Desa Malleleng 5 Dusun
3. Desa Pantama 5 Dusun

Kecamatan Ujung Bulu
1. Kelurahan Ela-ela Kepala Lingkungan Borong Kalukue dan Ekadamai

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Back to top button
Social Media Auto Publish Powered By : XYZScripts.com