NewsSulsel

Hari Jadi Bulukumba, Pj Gubernur Sulsel Puji Capaian Pembangunan Bulukumba

BULUKUMBA, NEWSURBAN.ID – Penjabat (Pj) Gubernur Sulawesi Selatan (Sulsel) Bahtiar Baharuddin puji capaian pembangunan Kabupaten Bulukumba saat hadiri peringatan hari ulang tahun (HUT) ke-64 Kabupaten berjuluk Butta Panrita Lopi itu, di Lapangan Pemuda, Minggu (4/2/2024).

Pada momentum itu, ia juga memberikan hadiah ulang tahun untuk Kabupaten Bulukumba senilai kurang lebih 10,8 miliar rupiah.

Bantuan untuk dua program, yakni program peningkatan produktifitas nelayan dan petani rumput senilai 5,2 miliar antara lain, rumpon, rumah ikan, terumbu buatan, asuransi nelayan, dan sarana budidaya rumput laut, senilai 5,2 miliar rupiah.

Baca Juga: Berlangsung Meriah, Pj Gubernur Sulsel Hadiri Peringatan HUT Bulukumba

Selanjutnya, bantuan untuk peningkatan ketahanan pangan berupa bibit pala, bibit kopi, bibit kakao, dan pupuk pala (trubus), senilai 5,6 miliar rupiah.

Dalam sambutannya, Pj. Gubernur menyampaikan selamat Hari Jadi Kabupaten Bulukumba yang ke-64 tahun.

Bahtiar juga menyampaikan bahwa Kabupaten Bulukumba merupakan salah satu daerah terbaik di Sulawesi Selatan, baik itu segi ketahanan pangan, maupun dari pembangunan infrastruktur.

Baca Juga: Dinas Kesehatan Bulukumba Gelar Senam Bersama, Di ikuti Ribuan Penyelenggara Pemilu

“Selama bertugas sebagai Pj Gubernur saya sudah keliling ke 24 Kabupaten/Kota di Sulsel. Saya sudah lihat Sulsel baik dari darat maupun dari udara. Dan harus kita akui salah satu daerah yang pertumbuhannya baik, pembangunannya maju, terus terang melampaui harapan saya, yang luar biasa kemajuannya adalah Kabupaten Bulukumba,” ungkap Gubernur.

Menurut Bahtiar meski tidak memiliki tambang, namun Kabupaten Bulukumba memiliki potensi di sektor pariwisata dan Kebudayaan. Dan jika mampu dikelola dengan baik maka ke depannya Kabupaten Bulukumba akan lebih maju.

“Ada banyak negara di dunia yang maju bukan karena hasil tambang, tapi dia hebat karena punya tourism. Tourism itu harus didukung dengan budaya dan kesenian. Maka kebudayaan dan kesenian yang ada di Bulukumba seperti yang ditampilkan tadi menunjukkan Kabupaten Bulukumba telah siap memasuki era baru menjadi daerah wisata tujuan nasional maupun internasional,” ungkapnya.

Baca Juga: Armada Band Meriahkan Hari Jadi Bulukumba

Bahtiar mencontohkan Itali, negara yang maju karena parawisata. Menurutnya jika suatu daerah ingin menarik investasi, maka investasi terbesar dan tercepat yakni di sektor pariwisata. Dan Kabupaten Bulukumba sangat potensial untuk itu.

Sebelumnya, Bupati Bulukumba, Andi Muchtar Ali Yusuf dalam sambutannya juga menyampaikan terimakasih kepada Pj. Guberbur Sulsel yang telah hadir dan memeriahkan Hari Jadi Bulukumba ke-64.

“Mewakili pemerintah daerah dan masyarakat Bulukumba, Kami menyampaikan terima kasih dan selamat datang kepada Bapak Penjabat Gubernur Sulawesi Selatan dan rombongan, serta para tamu kami yang terhormat dari luar Kabupaten Bulukumba,” ucap Andi Utta.

Baca Juga: Sambut Hari Jadi Kabupaten Bulukumba ke-64, Besok Seluruh Pegawai Berpakaian Hitam Hitam

Andi Utta menyampaikan, suatu kehormatan karena hari ini menjadi momentum pertama bagi Bahtiar Baharuddin selaku Pj menghadiri peringatan Hari Jadi Kabupaten Bulukumba.

“Kami yakin dan percaya bahwa Penjabat Gubernur Sulawesi Selatan terus memberikan perhatian terhadap pembangunan Kabupaten Bulukumba,” ungkap Andi Utta.

Sudah terbukti, kata Andi Utta, Program Prioritas Pemerintah Provinsi Sulawesi Selatan saat ini sejalan dengan program strategis Pemerintah Kabupaten Bulukumba, yaitu memperkuat ketahanan dan kedaulatan pangan melalui program bibit unggul pertanian dan perkebunan.

Baca Juga: Sambut Hari Jadi Kabupaten Bulukumba ke-64, Seluruh Pegawai Berpakaian Hitam Hitam

“Dukungan Pemerintah Provinsi tentu sangat penting, oleh karena Bulukumba merupakan salah satu sentra pertumbuhan ekonomi di selatan Sulawesi Selatan,” ujarnya.

Di akhir sambutannya, Bupati juga mengajak masyarakat untuk bersama-sama mewujudkan Kabupaten Bulukumba menjadi daerah yang kuat baik itu dari sektor ekonomi, sosial, dan kebudayaan.

“Selamat Hari Jadi Kabupaten Bulukumba ke 64 tahun 2024. Bersama Lebih Kuat untuk Bulukumba tercinta. Kalau bukan kita siapa lagi, kalau bukan sekarang kapan lagi. Masseddi mattettongeng ri tana pappojingetta Bulukumba panrita lopi. We Love Bulukumba. Terima kasih,” tukasnya.

Peringatan Hari Jadi ke 64 Bulukumba, juga hadir Anggota DPRD Sulsel Isnayani, Pj. Bupati Bantaeng Andi Abubakar, Pj Bupati Sinjai T.R Fahsul Falah, serta beberapa yang mewakili kepala daerah di Sulsel.

Baca Juga: Gunakan Pracetak, Ini Penampakan Irigasi Bulukumba

Selain itu, juga hadir unsur Forkopimda, para pejabat pimpinan tinggi pratama lingkup Pemkab Bulukumba, Camat, Kepala Desa. Dan Lurah bersama masing-masing Ketua TP TPKK.

Adapun sejarah singkat Kabupaten Bulukumba di bacakan oleh Ketua DPRD Bulukumba H. Rijal.

Di akhir acara, PJ Gubernur Sulsel Bahtiar Baharuddin meresmikan sejumlah proyek infrastruktur yang telah tuntas di Kabupaten Bulukumba.

Setelah seremoni peringatan Hari Jadi Kabupaten Bulukumba, Pj Gubernur Bahtiar Baharuddin menyeberang ke Gedung Pinisi untuk meresmikan sekaligus meninjau ruangan yang ada di gedung berlantai 4 tersebut. (*)

Baca Berita dan Artikel Lain di Google News

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Back to top button