EkonomiMetroNewsPariwisata

Pelatihan Small Class Komunitas Travel Agen Ciptakan Penyusunan Laporan Keuangan Yang Akuntabilitas

MAKASSAR, NEWSURBAN.ID Komunitas travel agen yang memiliki kepedulian yang sama dalam hal peningkatan kapabilitas staffnya mengadakan pelatihan Bersama mengenai pengelolaan keuangan Perusahaan di Lokalin Café, Kota Makassar.

Komunitas travel agen ini membuka small class akuntansi yang di ikuti 10 staf travel agen yang berasal dari PT. Randa Azzahra Alharamain, PT. Musfirah Indah Mandiri Tour & Travel, PT. Barakka Karunia Wisata, PT. Aulia Khansa Wisata, PT. Zamrud Indonesia Wisata. Pelatihan small class akuntansi ini di laksanakan hari Sabtu, 16 Desember 2023, dengan focus materi pelatihan pada pencatatan keuangan dan pembukuan keuangan. Tujuan dari pelatihan ini agar para staf travel agen mengerti cara penyusunan laporan keuangan Perusahaan.

Baca Juga : Kembalikan Kejayaan Sukun Pj Gubernur Sulsel Bersama Pj Bupati Bone Siapkan Lahan Ribuan Hektare

Kegiatan ini dibuka oleh Ibu Wildayanti selaku Direktur dari PT. Musfirah Indah Mandiri Tour & Travel yang juga merupakan member dari asosiasi DPD AMPUH Sulawesi. “Pelatihan pencatatan keuangan dan pembukaan keuangan ini sangat penting bagi staf travel agen, agar para staf travel agen dapat tertib administrasi keuangan saat melakukan aktivitas pencatatan keuangan sehingga memudahkan dalam melakukan postingan ke pembukuan keuangan” ujarnya.

Narasumber pelatihan pada small class akuntansi ini adalah Basri Baharuddin, S.E., CTR., selaku owner dari PT. Barakka Karunia Wisata, dengan fokus materi pada pencatatan keuangan dan pembukuan keuangan. “pelatihan keuangan hari ini mengenai dasar-dasar akuntansi, yang di mulai dengan melakukan pencatatan keuangan pada BKK/BKM, Rincian Belanja Harian (RBH), yang kemudian memposting ke Pembukuan keuangan. Materi Pembukuan Keuangan mencakup journal umum, penghitungan penyusutan aset, buku besar, neraca lajur, laporan laba rugi perusahan, dan laporan neraca.” Ujarnya.

Baca Juga : Seminar Dies Natalis ke 37 Pascasarjana Unhas, Arsjad Berharap Sulsel Lumbung Produsen Pisang Terbesar di Indonesia

Ditempat yang terpisah, Ibu Andi Nurmaedah selaku Direktur dari PT. Randa Azzahra Alharamain juga menyatakan bahwa “staf travel agen itu sejak awal di tempatkan sesuai dengan kapabilitasnya. Perusahaan wajib meningkatkan kemampuan stafnya melalui pelatihan-pelatihan berbasis praktikal dan study kasus, khususnya mengenai transaksi-transaksi keuangan Perusahaan, agar memudahkan Perusahaan dalam penyusunan laporan keuangan Perusahaan yang akan di laporkan pajaknya setiap tahun” ujar.

Untuk pelatihan-pelatihan peningkatan kemampuan karyawan, komunitas ini akan mulai menjadwalkan jenis-jenis pelatihan yang sesuai dengan para staf travel agen.

Cek berita dan artikel lain di Google News

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Back to top button