NewsNusantaraSulsel

Herfida Atas Bersama Istri Camat Lurah dan Kades Petakan Potensi UMKM Bulukumba

BULUKUMBA, NEWSURBAN.ID ‚ÄĒ Ketua Dewan Kerajinan Nasional Daerah (Dekranasda) Kabupaten Bulukumba Andi Herfida Attas bersilaturahmi dengan para istri Camat, Lurah dan Kepala Desa (Kades) di Pendopo Rujab Bupati Bulukumba, Jumat dan Sabtu, 25 dan 26 November 2022.

Andi Herfida Attas menjelaskan, pihaknya sengaja mengundang para istri-istri camat, lurah dan kades untuk bersilaturahmi, sekaligus membahas UMKM, terutama kerajinan tangan di kelurahan dan desa masing-masing.

“Pendataan dari tingkat dasar ini yang sangat di butuhkan untuk pengembangan UMKM,” kata istri dari Bupati Bulukumba Andi Muchtar Ali Yusuf di Pendopo Rujab Bupati Bulukumba, Sabtu, 26 November 2022.

Baca Juga: Peringatan HGN di Bulukumba,Diwarnai Gerakan Satu Siswa Satu Pohon

Menurutnya kerajinan tangan Bulukumba, punya potensi yang luar biasa untuk-dikembangkan. Hanya saja, butuh skema kerja yang lebih terorganisir dan itu di mulai dari tingkat kelurahan dan desa.

“Makanya, kita ketemu langsung dengan ibu-ibu lurah dan kades. Ini untuk menyamakan persepsi, bagaimana memajukan UMKM di wilayah masing-masing,” ungkapnya.

Pertemuan ini, katanya, harus-ditindak lanjuti melalui pendataan UMKM di bidang kerajinan tangan. Setelah pendataan nanti, maka akan-diverifikasi dan-divalidasi kembali untuk skala prioritas.

“Jadi nanti ada kelas-kelasnya. Misalnya, kelas A sudah layak produksi tapi terkendala dengan alat. Sehingga, harus sama-sama di carikan solusinya,” ujar Andi Herfida Attas, yang juga Kadis Kebudayaan Kota Makassar.

Baca Juga: Andi Utta ke ASN Bulukumba: Jadi Pejabat, Jangan Mimpi untuk Kaya

Istri Kades Baruga Riattang Kecamatan Bulukumpa, Indri Yustisi menyampaikan bahwa inisiatif dari Dekranasda ini, betul-betul positif. Karena akan ada yang menaungi dan mencarikan solusi untuk pengembangan UMKM kerajinan tangan di desa.

“Sebenarnya banyak yang bisa berproduksi di desa, tapi terkendala dengan pemasaran karena standar yang di butuhkan pasar. Sehingga memang di butuhkan bimbingan,” jelasnya.

Sementara, istri Camat Ujung Loe, Indah Rahim menyampaikan rasa syukur dapat bertemu langsung dengan istri Bupati selaku Ketua Dekranasda Bulukumba.

Dengan adanya diskusi seperti ini, katanya, maka akan ketahuan di mana letak kendala dan permasalahan untuk pengembangan UMKM.

“Seperti yang-dipaparkan tadi bahwa ada beberapa yang bisa di jadikan potensi. Ada beberapa juga yang sudah berkembang di provinsi,” jelasnya.

“Masih ada yang perlu di kembangkan. Seperti sambal biji karet dari Desa Tamatto. Tas Mutiara juga sempat di bahas untuk pengembangannya,” sambung Indah. (*)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Back to top button