MetroNews

Ikon dan Budaya Makassar Diperkenalkan Pelajar SMP di Karnaval Budaya 56 Kota

MAKASSAR, NEWSURBAN.ID — Ratusan pelajar SMP memperkenalkan ikon dan budaya Makassar pada Karnaval Budaya 56 kota di kawasan Pantai Losari, Rabu (12/7) malam. Karnaval budaya 56 kota ini, merupakan rangkaian kegiatan pada Rakernas APEKSI di Makassar.

Pawai Budaya ini merupakan salah satu ajang bagi seluruh kota di Indonesia untuk menampilkan ragam kebudayaannya masing-masing didepan 5000 peserta Rakernas APEKSI XV dan masyarakat Kota Makassar.

Ada sebanyak 56 kota dari seluruh Indonesia yang turut berpartisipasi menghadirkan perwakilan kelompok kesenian mereka dan memamerkan kebudayaan dari masing-masing kota.

Sebagai tuan rumah, Pemkot Makassar tentunya ingin mempersembahkan yang terbaik untuk para tamunya. Sehingga lewat Dinas Pendidikan Kota Makassar, Pemkot Makassar menghadirkan sebanyak 250 siswa-siswi SMP dari berbagai sekolah di Kota Makassar untuk menunjukkan kemampuan mereka memperkenalkan Budaya Lokal atau Khas dari Sulawesi Selatan terutama Kota Makassar.

Baca Juga: Karnaval Budaya Tampilkan Pakaian Adat Seluruh Peserta Rakernas Apeksi

Sebanyak 250 siswa-siswi SMP Kota Makassar tersebut tampak berjalan sebagai kontingen pertama, lalu 55 kota lainnya menyusul.

Mereka berjalan di sepanjang Jalan Pantai Losari mengenakan ragam baju bodo dari empat etnis terbesar di Sualwesi Selatan. Di antaranya Makassar, Bugis, Mandar, dan Toraja.

Tidak hanya itu, sembari berjalan mereka membawa sejumlah barang yang menjadi ciri khas Provinsi Sulawesi Selatan dan Kota Makassar. Seperti lipa’ sabbe (sarung tenun sutra bugis), pattapi (penapis beras), kipas pakarena. Dan, sejumlah siswa yang berjalan menggunakan passapu ( ikat kepala pahlawan Sultan Hasanuddin).

Selain itu, sebanyak 30 model pawai budaya yang juga terdiri dari siswa siswi SMP Kota Makassar. Mereka menampilkan ikon-ikon Provinsi Sulawesi Selatan dan Kota Makassar lewat desain bajunya .

Sejumlah ikon terpampang. Di antaranya bertemakan beautiful samalona, badik, wisata bunga malino, kelelawar Soppeng, museum Kota Makassar, Pinisi Bulukumba. Juga, kipas pakkkarena, tongkonan Toraja, pisang ijo, kapurung, lamming, coto, wanita bugis, sinrili. Serta, wisata Bantimurung, dan bunga masamba.

Baca Juga: Danny Pomanto Bersama Wali Kota se-Indonesia Naik Pinisi Keliling Pantai Losari

Pemkot Makassar turut menampilkan sejumlah siswi dalam Tari Mappaempo Gau. Tarian ini, menjadi pembuka Karnaval Budaya rangkaian kegiatan Rakernas XVI APEKSI 2023 ini. Mereka tampil memukau dan menghibur para Wali Kota se-Indonesia.

Wali Kota Makassar Moh Ramdhan Pomanto mengaku bangga dengan suksesnya pegelaran Karnaval Budaya ini dengan meriah. Rakernas APEKSI VXI dia harapkan bisa menjadi ajang promosi Budaya dan Ikon Kota Makassar kepada dunia.

“Rakernas APEKSI XVI ini selain menjadi wadah untuk membahas isu strages nasional. Sekaligus menjadi kesempatan bagi kita mengenalkan budaya dan ciri khas kita kita kepada dunia,” pungkas Danny. (*)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Back to top button