NewsSulsel

Kontes Ayam Ketawa Perebutkan Piala Gubernur

MAKASSAR, NEWSURBAN.ID – Pemerintah Provinsi Sulsel akan menggelar Kontes Ayam Ketawa, Jumat, 10 November 2023. Lomba ini akan memperebutkan Piala Gubernur, selain hadiah uang jutaan rupiah.

Kontes kokok ayam ketawa sendiri acap kali digelar Himpunan Profesi Ornithologi dan Unggas di tingkat nasional, dengan nama Kontes Ayam Ketawa Nasional.

Di Sulsel, awalnya ayam ketawa banyak di kembangkan di Kabupaten Sidenreng Rappang (Sidrap). Namun, seiring kecintaan masyarakat terhadap ayam khas Sulsel itu, kemudian terus di kembangkan di berbagai daerah di Sulsel.

Baca Juga: Kadiskominfo Buka Seleksi Kompetensi Berbasis CAT untuk Calon Komisioner KPID Sulsel

Saat ini, khusus pejantan populasinya hanya 4.000 ekor ayam ketawa. Untuk mengembalikan kecintaan masyarakat terhadap ayam khas tersebut, Pj Gubernur Sulsel, Bahtiar Baharuddin, lewat Dinas Peternakan dan Kesehatan Hewan Sulsel, akan menggelar kontes-ayam-ketawa tingkat provinsi.

“Dinas Peternakan akan buat kontes-ayam-ketawa. Saya mau lombakan, tujuannya apa? Ini ayam khas kita, populasinya tidak terlalu banyak, tinggal 4.000-an jantannya, jangan sampai punah kan,” ungkap Pj Gubernur Bahtiar, di Rujab Gubernur Sulsel, Senin, 6 November 2023.

Baca Juga: Jemput Bola, Pemprov Sulsel Fasilitasi Perekaman e-KTP Bagi Pemilih Pemula di Kabupaten Luwu

Menurut Bahtiar, kontes ayam-ketawa tersebut sebagai upaya untuk menambah kecintaan masyarakat terhadap ayam ketawa dan agar terjaga populasinya.

“Maka kita edukasi dengan konteskan, nanti 10 November (2023) kita rangkaikan untuk memberikan motivasi para peternak. Kontes ini memperebutkan Piala Gubernur,” pungkasnya. (*)

Cek berita dan artikel lain di Google News

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Back to top button