MetroNewsParlemenPolitik

Ceramah Tarawih di Tallo, Rudianto Lallo Singgung Kehebatan Karaeng Pattingalloang

MAKASSAR, NEWSURBAN.ID — Ketua DPRD Makassar, Rudianto Lallo sebut singgung kehebatan Karaeng Pattingalloang saat membawakan ceramah tarawih di Tallo, di Masjid Awaluddin, Kelurahan Tallo, Kecamatan Tallo, Makassar, Jumat (24/3/2023) malam.

Rudianto Lallo jua tak henti-hentinya mengingatkan masyarakat untuk senantiasa menjaga anak. Dan mensupport pendidikan agar dapat menjadi anak yang saleh dan saleha.

“Mari kita jaga anakta, sekolahkan setinggi-tingginya,”kata Rudianto Lallo.

Rudianto Lallo menjelaskan program jaga anakta ini merupakan salah program unggulan Wali Kota Makassar, Moh. Ramdhan Pomanto bersama Wakil Wali Kota Makassar Fatmawati Rusdi. Untuk mencegah anak putus sekolah serta terlibat dalam pergaulan bebas.

“Anak kita adalah generasi penerus, jangan kita biarkan mereka larut dalam pergaulan tidak bermanfaat. Mari kita support pendidikan anak agar mereka menjadi anak yang punya ilmu,” ujarnya.

Baca Juga: Tarawih Pertama Bersama Warga Lakkang, Rudianto Lallo Minta Orang Tua Perhatikan Pendidikan Anak

Politisi dengan tagline Anak Rakyat itu mengatakan Allah SWT menjamin akan meninggikan derajat orang-orang berilmu. Dan memudahkan segala urusan dunia dan akhiratnya sebagaimana dalam Qu’ran Surah Al Mujadilah Ayat 11.

“Allah akan meninggikan orang-orang yang beriman di antaramu dan orang-orang yang di beri ilmu beberapa derajat,” kata Rudianto Lallo.

Dia juga menyampaikan jika salah satu kunci meraih kebahagiaan di dunia dan di akhirat dapat di peroleh ilmu pengetahauan.

“Barangsiapa yang ingin sukses di dunia maka hendaklah dengan ilmu. Barangsiapa yang ingin sukses di akhirat maka hendaklah dengan ilmu. Dan, barangsiapa yang ingin sukses pada keduanya (dunia dan akhirat) maka hendaklah dengan ilmu (pula)”. Jadi, dapat kesimpulannya dengan ilmulah kita dapat meraih sukses dunia dan akhirat,” terang politikus Partai NasDem kelahiran Pulau Lakkang itu.

Baa Juga: Jalan Sehat Anak Rakyat di Sangkarrang, Rudianto Lallo Kampanye Anti Plastik dan Pencemaran Lingkungan

Karena itu, dia ingin anak dari Tallo tidak ada lagi yang putus sekolah hanya karena keterbatasan biaya pendidikan. Saat ini banyak program pemerintah memudahkan pendidikan anak, pendidikan sudah gratis.

“Orang cerdasnya Sulawesi itu dari Tallo, namanya Karaeng Pattingalloang. Nama lengkap, I Mangangada’-cina I Daeng I Ba’le Karaeng Pattingalloang Sultan Mahmud Tumenanga ri Bontobiraeng. Dia di kenal karena ketertarikannya yang tinggi pada ilmu pengetahuan barat pada masa abad 16,” tata Rudianto Lallo saat ceramah tarawih di Tallo.

Diketahui, Pattingalloang sangat di kenal oleh orang-orang Eropa di bandingkan dengan raja-raja lain sezamannya. Dia di juluki Bapak Makassar.

Baca Juga: Rudianto Lallo Pimpin Ribuan Warga Ikut Jalan Sehat Anak Rakyat di Panakkukang

Hal ini terjadi bukan hanya karena dia merupakan raja yang selalu berinteraksi. Dan sangat baik kepada semua orang asing yang datang di negerinya. Tetapi terutama karena semangat belajarnya yang luar biasa dalam mempelajari ilmu pengetahuan Eropa. Sesuatu yang tidak lazim ditemukan di kalangan raja-raja Nusantara pada masanya.

“Jadi tidak ada alasan orang Tallo tidak sekolah, Saatnya kita orang Tallo mewujudkan itu kembali. Melahirkan karaeng Pattingalloang baru. dan semoga kedepan pemimpin-pemimpin lahir dari Tallo,” tutup Rudianto Lallo. (*)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Back to top button