Bencana AlamNewsSulsel

Beginilah Bentuk Kepedulian PT CLM Bantu Warga Luwu Timur Tertimpa Musibah Bencana

LUWU TIMUR, NEWSURBAN.ID  — Bencana longsor di Desa Maliwowo, Kecamatan Angkona, Luwu Timur mengakibatkan dua rumah hancur, Minggu 02 April 2023 malam.

Walaupun kejadian tersebut, tidak ada korban jiwa. Sejumlah tim evakuasi tergabung dari TNI, Polri dan warga melakukan evakuasi rumah warga yang tertimbun materil longsor, yang masih layak untuk digunakan, Senin 03 April 2023.

Dalam evakuasi tersebut membutuhkan alat berat (ecsavator), yang di-kerahkan langsung PT. Citra Lampia Mandiri (CLM) sebagai perusahan tambang.

”Alhamdulillah. PT CLM bersedia menurunkan alat beratnya untuk mengevakuasi material longsor yang menimbun rumah warga. Harus pakai alat berat karena tingkat kesulitannya beda dengan rumah korban. Apalagi saat ini kita lagi berpuasa, jadi tidak mungkin dilakukan secara manual,” kata Kepala Desa Maliwowo, Asdar

Perusahaan yang bergerak tambang nickel ini secara sukarela mengerahkan satu unit escavator untuk membantu warga mengevakuasi rumah korban tertimbun material longsor.

Satu unit Ecsavator dikerahkan PT CLM untuk mengevakuasi ruamh tertimpah tanah longsor
Satu unit Ecsavator dikerahkan PT CLM untuk mengevakuasi rumah tertimpa tanah longsor.

”Karena hari sudah gelap dan hujan lebat turun lagi. Proses evakuasi longsornya kita sambung besok lagi. Kami upayakan sampai tuntas baru kita tarik alat berat ini,” ujar Eksternal PT CLM, Fauzi Lukman.

Katanya, dirinya tetap melakukan koordinasi dengan BPBD Luwu Timur, dalam bentuk penanganan pasca bencana.

Baca juga: Sungai Mallaulu Luwu Timur Meluap, Puluhan Rumah Terendam Banjir

Sementara, Bupati Luwu Timur, Budiman yang menyaksikan alat berat PT CLM ikut andil membantu mengevakuasi longsor di Maliwowo. Dirinya mengucapkan rasa terima kasih pada manajemen PT CLM yang secara sukarela membantu meringankan penanganan pasca bencana.

”Saya atas nama Pemerintah Luwu Timur, mengapresiasi dan mengucapkan terima kasih kepada manajemen PT CLM atas kepeduliannya. Serta ikut merasakan duka yang di alami warga kita korban longsor di Maliwowo,” ucapnya.

Ia mengaku, PT CLM sudah ambil bagian dalam meringankan beban warga. “Mari kita jaga kebersamaan ini. Saya yakin dengan kolaborasi yang kuat antara pemerintah dan dunia usaha, kita bisa membawa daerah ini makin tangguh dalam menghadapi bencana,” kata Budiman.

Sepekan Bencana di Luwu Timur

PT CLM yang mempunyai kepedulian dan komitmen terkait kebencanaan, sehingga melakukan gerak cepat untuk membantu warga Luwu Timur tertimpa musibah.

Terbukti sepekan ini, di Kabupaten Luwu Timur telah terjadi beberapa bencana. Sebelumnya meluapnya sungai Mallaulu di Desa Ussu, Kecamatan Malili, Luwu Timur, Sabtu 01 April 2023, pada pukul 23.00 malam.

Mengakibatkan puluhan rumah rendam banjir. Luapan sungai Mallaulu, dikarenakan intensitas hujan tinggi di Kabupaten Luwu Timur.

Mendengar hal itu, respon cepat PT Citra Lampia Mandiri (CLM) langsung turun ketempat kejadian serta menyalurkan bantuan kepada warga yang terdampak banjir.

“Setelah mendegarkan kejadian tersebut, kami dari tim CLM turun langsung ke lokasi melihat kondisi warga terdampak,” Eksternal PT.CLM, Afandi, Minggu 02 April 2023.

Afandi sekarang ini berada di lokasi banjir, mengaku juga telah menyalurkan langsung bantuan kepada warga terdampak banjir makan siap saji untuk sahur.

Respon Cepat PT CLM Salurkan Bantuan Makan Siap Saji Kepada warga Terdampak Banjir di Desa Ussu Kecamatan Malili, Luwu Timur
Respon Cepat PT CLM Salurkan Bantuan Makan Siap Saji Kepada warga Terdampak Banjir di Desa Ussu Kecamatan Malili, Luwu Timur

“Sekitar 100 box paket sahur yang di turunkan langsung kepada warga terdampak banjir,” ujarnya.

Afandi mengatakan makan siap saji di-berikan 80 Kepala Keluarga (KK) terdampak banjir di Desa Ussu untuk memudahkan bagi warga ingin berpuasa di bulan suci ramadan.

Baca juga: Respon Cepat! PT CLM Salurkan Bantuan Kepada Warga Ussu Luwu Timur Terdampak Banjir

“Kami dari pihak CLM hanya memberikan bantuan sementara waktu makanan siap saji. Mengingat kondisi warga tidak bisa memasak, karena rumahnya teredam banjir dan berbagai peralatan dapur lainnya,” jelasnya.

Selain itu, Afandi menambahkan, PT CLM akan menyiapkan water tank, jika di butuhkan untuk menyuplai air bersih bagi warga.

“Sekarang ini beberapa warga mengungsikan di mesjid dan rumah tetangga yang tidak terdampak banjir,” katanya.

Luwu Timur sendiri salah satu daerah di Indonesia yang di tetapkan sebagai daerah rawan bencana. Olehnya itu menyikapi cuaca ekstrim saat ini warga di minta selalu waspada. (*)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Back to top button