NewsNusantaraSulsel
Trending

Pemkab Lutim Puji Pengelolaan Lingkungan PT Vale Indonesia

LUWU TIMUR, NEWSURBAN.ID — PT. Vale Indonesia merayakan Hari Lingkungan Hidup yang tahun ini mengangkat tema “Only One Earth”. Puncak perayaan momen tahun ini,dilakukan di Magani Park, Sorowako, Luwu Timur, Sabtu (11/6/2022).

Serangkaian kegiatan telah dilaksanakan menyambut puncak perayaan ini. Di antaranya bersih-bersih danau bersama masyarakat; lomba kreasi daur ulang sampah antar sekolah; kampanye pengurangan plastik; dan kompetisi internal Lomba 5S.

Kegiatan,dimulai dengan senam bersama, kemudian jalan santai sambil memungut sampah di sekitar lokasi. Lalu,di akhiri dengan pengumuman pemenang Lomba Kreasi Daur Ulang Sampah antar sekolah.

Baca Juga: Sukses Vale Indonesia Jadi Contoh BUMN Tambang Lain

Peringatan hari lingkungan hidup yang-diikuti ratusan warga ini, Kepala DLH, Andi Makkaraka memuji pengelolaan lingkungan yang-dilakukan PT. Vale Indonesia selama ini.

Hadir mewakili Bupati Lutim Budiman, Andi mengakui pengelolaan lingkungan PTVI sangat baik. Terbukti dari penghargaan Program Penilaian Peringkat Kinerja Perusahaan dalam Pengelolaan Lingkungan Hidup (PROPER) Hijau, –dari Kementerian Lingkungan Hidup dan Kehutanan (KLHK) yang-diterima PT Vale pada 2021.

Sebagai informasi, PT Vale Indonesia merupakan satu-satunya perusahaan pertambangan dan pengolahan nikel yang mendapatkan Proper Hijau di antara 186 korporasi. Karena itu, Andi Makkarakka menegaskan, PT. Vale Indonesia bisa jadi teladan yang baik bagi perusahaan tambang lainnya.

Baca Juga: Gubernur Andi Sudirman Terbang dari Bandara Sorowako ke Makassar Usai-Diserahkan PT Vale

“Sebagai Kadis DLH, mewakili Bupati, kami sangat berterima kasih kepada PT. Vale Indonesia, –yang tetap menjaga lingkungan dan menginisiasi kegiatan Hari Lingkungan Hidup dengan mengajak seluruh stakeholder atau pemangku kepentingan. Untuk berkolaborasi melakukan kegiatan peduli lingkungan,” jelasnya.

Andi juga berharap agar kegiatan seperti ini tetap-dilanjutkan, bahkan,ditingkatkan. Sehingga penghargaan PROPER Hijau dapat tetap-dipertahankan.

Environment Day PT Vale juga-diisi dengan panel diskusi bersama Ketua Asosiasi Bank Sampah Indonesia (ASOBSI) periode 2017-2021, Saharuddin Ridwan yang juga Direktur Yayasan Peduli Negeri; Director Environment & Permit Management PT Vale, Adli Azhar Lubis.

Baca Juga: Kisah Doni Monardo Melakukan Pembibitan Pohon: Dari Istana ke Bukit Asam

Kadis DLH ikut menjadi narasumber pada diskusi. Mereka bertukar gagasan terkait upaya membangun kesadaran kolektif terhadap tata kelola lingkungan dan menjaganya.

Pengumuman Lomba Kreasi Daur Ulang Sampah ikut menjadi momen yang-ditunggu-tunggu pada acara ini. Rangkaian lomba, khususnya seleksi telah-dimulai pada bulan Mei lalu.

Sementara itu, Director Environment dan Permit PT Vale Muh. Adli Lubis mengatakan, lomba ini menjadi sarana untuk membentuk siswa agar menjadi agen perubahan, untuk sadar lingkungan.

“Mereka (Siswa) bisa mengubah sampah menjadi benda bernilai tinggi. Saya tidak menyangka para siswa dapat menghasilkan kreativitas yang luar biasa,” ujarnya.

Baca Juga: Presiden Jokowi Target RI Jadi Produsen Utama Produk Berbasis Nikel

Lomba kreasi daur ulang sampah diikuti 17 SD, 9 SMP dan 6 SMA. Juara pertama dari masing-masing kategori adalah:
1. Kategori SD: SD Negeri 246 Tabarano,
2. Kategori SMP: SMP Negeri 1 Towuti
3. Kategori SMA: SMK Budi Utomo.

Melalui Environment Day ini, PT. Vale Indoesia terus mengupayakan perbaikan berkelanjutan dalam masalah kinerja lingkungan. Meliputi penggunaan air; penggunaan energi; dan perubahan iklim.

PT. Vale Indonesia juga berkontribusi pada konservasi keanekaragaman hayati dan pendekatan terpadu perencanaan penggunaan lahan. (rls/up)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Back to top button