NewsSulteng

Wali Kota Palu Apresiasi Warga Talise Bangun Bank Plastik

PALU, NEWSURBAN.ID — Wali Kota Palu Hadianto Rasyid mengapresiasi warga Talise bangun Bank Plastik. Menurutnya, inisiatif warga Talise bangun Bank Plastik, sangat mendukung prograrm pemerintah dalam menjaga lingkungan dari sampah plastik.

Hal itu, ia sampaikan saat bersama pihak terkait melakukan kunjungan ke Bank Plastik di Kelurahan Talise, Kota Palu pada Senin (5/6/2023).

Dalam kesempatan ini, Wali Kota Hadianto menyambut baik inisiatif masyarakat Kelurahan Talise. Yang telah membangun Bank Plastik sejak bulan September 2022 lalu.

Baca Juga: Lepas JCH Kota Palu, Wali Kota Hadi: ‘Komiu’ Susah Jangan Sungkan Kontak Istri Saya

“Dengan adanya bank tersebut, Pemerintah Kota Palu dapat terbantu. Dalam mengatasi permasalahan lingkungan yang tercemar khususnya dari bahan-bahan plastik,” kata Hadianto Rasyid.

Bank Plastik ini, menerima semua botol plastik, termasuk botol bekas oli dan sebagainya.

Kemudian botol-botol plastik tersebut di daur ulang menjadi sebuah kerajinan yang memiliki nilai jual.

Berdasarkan informasi yang di himpun, sejak beroperasinya Bank Plastik ini, kurang lebih ada enam ton sampah yang tidak lagi di buang ke TPA Kawatuna.

Baca Juga: Geliatkan Pariwisata Lewat Event Olahraga, Pemkot Palu Launching PSE

Bank Plastik tersebut memiliki anggota aktif yang berjumlah sekitar 75 orang. Dan rencananya akan ada penambahan dua kelompok lagi dari RT yang ada di kelurahan setempat.

Wali Kota Hadianto dalam kesempatan ini, menyahuti langsung permintaan para pengurus. Berkaitan dengan lokasi tetap Bank Plastik yang saat ini masih kontrak hingga bulan Oktober 2023.

“Kalau begitu komiu (kamu, red) saya kasih pakai yang di sana saja. Dekat Masjid ya, Jalan Soekarno Hatta. Ada tanah Pemkot,” ungkap Wali Kota.

Wali Kota berharap Bank Plastik Kelurahan Talise ini bisa menjadi bank sampah percontohan di wilayah Kota Palu. (ysf)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Back to top button