NewsSulteng

Geliatkan Pariwisata Lewat Event Olahraga, Pemkot Palu Launching PSE

#Tahun Ini Gelar Pertandingan Enam Cabor Berhadiah Rp1 Miliar Per Cabor

PALU, NEWSURBAN.ID ‚ÄĒ Palu Sport Event (PSE) resmi di launching Pemerintah Kota Palu, di halaman Kantor Wali Kota Palu, Senin (22/5). Pemkot launching PSE sebagai salah satu strategi untuk mempromosikan Kota Palu melalui even olahraga.

Pemkot Palu launching PSE ditandai dengan penekanan tombol sirine oleh Wali Kota Palu, H. Hadianto Rasyid, SE bersama Wakil Wali Kota, dr. Reny A. Lamadjido, Sp.PK.,M.Kes, Ketua TP-PKK Kota Palu, Diah Puspita, S.AP, serta unsur Forkopimda lainnya.

Pemkot Palu Launching PSE, Akan Gelar Lomba Enam Cabor Tahun IniPSE rencananya akan memperlombakan enam Cabang Olahraga (Cabor) tahun ini. Yakni Sepak Bola, Paralayang, Balap Sepeda, Marathon, Bola Voli, dan Bulu Tangkis.

 

“Masing-masing Cabor kita siapkan bonus senilai Rp1 miliar,” ucap Wali Kota Hadianto dalam sambutannya.

Hadi menyebut, PSE merupakan upaya salah satu strategi Pemerintah untuk ‘menjual’ Kota Palu dalam perspektif berbeda.

Baca Juga: Pemkot Palu Buka Seleksi JPTP Eselon II Untuk Dua Dinas

Sebab, menurutnya pariwisata, tidak hanya identik dengan destinasi atau kunjungan wisata. Tetapi juga melalui event seperti pertandingan olahraga.

Menurut Wali Kota, olahraga bisa menjadi salah satu penggerak dari semua kegiatan kunjungan wisata.

“Pemerintah Kota Palu berharap kegiatan ini dapat berjalan dengan baik. Sehingga nantinya akan menghadirkan banyak peserta dan pengunjung ke kota ini untuk menikmati PSE. Dan tentunya menikmati Palu dalam perspektif yang berbeda,” kata Hadi.

Ia juga mengungkapkan, kegiatan PSE yang merupakan salah satu dari 53 program kerja Pemerintah Kota Palu ini, sedianya mulai di laksanakan di tahun 2022.

Baca Juga: Wali Kota Palu Resmikan Gedung Serbaguna Kelurahan Kayumalue Ngapa

Namun, kondisi Covid-19 saat itu dengan berbagai pengetatan oleh Pemerintah Pusat, sehingga baru bisa terlaksana di tahun 2023.

“Seharusnya kegiatan ini sudah berlangsung sejak tahun kemarin. Tapi karena Covid-19, jadi pertimbangan kita tidak melaksanakannya di tahun 2022. Alhamdulillah di tahun 2023 ini pemerintah pusat telah melonggarkan kondisi status Covid-19. Sehingga memungkinkan kita melangsungkan kegiatan-kegiatan yang bisa mengumpulkan masyarakat dalam jumlah yang cukup banyak,” jelas Wali Kota Hadi.

Ia juga mengatakan bahwa Pemerintah Kota Palu tahun ini akan membuat perencanaan pembangunan Stadion Indoor. Stadion ini, nantinya akan menjadi venue untuk kegiatan-kegiatan atau event olahraga, seperti Basket dan lainnya.

“InsyaAllah tahun ini perencanaannya kita buat, dan tahun 2024 nanti Pemerintah Kota Palu akan membangun itu. Sehingga kita harapkan tahun 2024 nanti, kegiatan Palu Sport Event akan lebih banyak Cabor yang-dipertandingkan,” ungkapnya.

Baca Juga: Wali Kota Palu Serahkan Bantuan Hibah Rp2,7 Miliar kepada 78 Penerima

Karena itu, Hadi berharap melalui kegiatan PSE tahun 2023, akan menjadi penyemangat jajaran Pemkot Palu maupun unsur Forkopimda Kota Palu untuk semakin menjaga kota ini.

“Juga, untuk semakin bersama-sama membawa Kota Palu lebih maju lagi dan menjadi sesuatu yang membanggakan bagi pemerintah dan masyarakat Kota Palu seluruhnya,” imbuhnya.

Wali Kota Hadi mengatakan bahwa beberapa pekan lalu, Pemerintah Pusat telah mengumumkan provinsi, kota, dan kabupaten terbaik se-Indonesia dalam Penghargaan Pembangunan Daerah (PPD) tahun 2023.

Ia mengaku sangat bersyukur, akhirnya Kota Palu bisa mendapatkan prestasi sebagai Kota Terbaik II se-Indonesia. Dalam kategori Perencanaan dan Pencapaian Terbaik tingkat Kota secara nasional.

“Tentunya pencapaian itu tidak lepas dari kerja keras semua yang mendampingi saya hari ini. Atas kerja-kerja yang luar biasa, sehingga Kota Palu meraih penghargaan terbaik II nasional,” kata Beliau.

Baca Juga: Hadianto Rasyid Kukuhkan Duta Genre Kota Palu

Dari capaian tersebut, lanjut dia, Pemkot Palu menyadari bahwa semua itu tidak lepas dari peran serta dukungan dari masyarakat Kota Palu.

Sehingga melalui perubahan-perubahan yang-ditunjukkan oleh masyarakat dalam kurun waktu dua tahun terakhir, pencapaian terbaik kedua, bisa-dicapai Kota Palu.

“Oleh karena itu, jajaran Pemerintah Kota Palu menyampaikan terima kasih yang sebesar-besarnya kepada seluruh masyarakat Kota Palu atas kerjasama yang luar biasa yang sudah-dilakukan,” ucapnya.

Kata dia, pencapaian ini tidaklah mudah, akan tetapi yang menjadi tantangan yang lebih besar dan berat adalah bagaimana mempertahankan dan konsistensi dengan apa yang sudah kita lakukan hari ini.

Baca Juga: Kota Palu Raih Peringkat II PPD Tingkat Provinsi Sulteng

“Perubahan-perubahan, baik yang sudah kita bangun dan jalankan, bagaimana secara konsisten mampu kita jaga. Karena hanya dengan kerjasama kita semua, maka saya yakin pencapaian hari ini, InsyaAllah bisa kita jaga dan pertahankan. Bahkan bisa kita tingkatkan,” tutur Wali Kota Hadi.

Wali Kota mengajak seluruh ASN Pemerintah Kota Palu untuk bersama-sama bekerja lebih baik lagi. Dan memberikan pelayanan yang terbaik kepada masyarakat Kota Palu.

Dalam Grand Launching PSE tahun 2023 ini, Wali Kota Hadianto berkesempatan memberikan bonus. Berupa uang tunai senilai puluhan juta kepada para atlet Kota Palu yang berhasil meraih prestasi di tingkat nasional, internasional, maupun daerah. (ysf)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Back to top button