NewsPemilu 2024Sulsel

Tingkatkan Partisipasi Pemilih di Bulukumba, Dinas Dukcapil Keliling 10 Kecamatan Rekam KTP Elektronik

BULUKUMBA, NEWSURBAN.ID — Menyisir 10 kecamatan, Dinas Kependudukan dan Pencatatan Sipil (Dinas Dkcapil) Kabupaten Bulukumba rekam KTP elektronik untuk tingkatkan partisipasi pemilih di Bulukumba pada Pemilu 2024. Layanan jemput bola ini, tembus sampai malam.

“Perekaman biometrik KTP elektronik tembus sampai malam kemarin di Kecamatan Gantarang,” kata Kepala Dinas Dukcapil Bulukumba, Dedi Rahmadi, Rabu, 7 Juni 2023.

Dedi menjelaskan, jemput bola perekaman KTP elektronik ini dalam rangka menghadapi perhelatan Pemilu Legislatif (Pileg) tahun 2024 mendatang.

Baca Juga: Kembali Pimpin Dinas Kominfo dan Persandian Bulukumba, Daud Kahal Akan Revitalisasi Program Unggulan

“Berdasarkan hasil data Coklit KPU ditemukan 5.563 warga Bulukumba yang belum melakukan perekaman KTP elektronik,” katanya.

Dengan demikian, kata mantan Camat Bonto Bahari itu, Disdukcapil Bulukumba melakukan jemput bola ke kecamatan-kecamatan yang berkolaborasi dengan Camat, Lurah/Kepala Desa.

“Untuk mempercepat layanan perekaman ini, kita juga berkolaborasi dengan Panitia Pemilihan Kecamatan (PPK) di tingkat Kecamatan dan Panitia Pemungutan Suara (PPS) di tingkat desa,” jelas Dedi Rahmadi.

Baca Juga: Wabup Edy Manaf Lepas 403 Jemaah Calon Haji Bulukumba

Dedi mengaku, sampai saat ini, pihaknya sudah melakukan perekaman KTP elektronik di Kecamatan Bulukumpa, Rilau Ale, Ujung Bulu dan Gantarang,

“Hari ini sampai Jumat, perekaman KTP elektronik di Kecamatan Kindang,” kata Dedi Rahmadi, yang juga mantan Kabag Protokol Setda Bulukumba.

Dedi berharap masyarakat yang belum melakukan perekaman KTP elektronik untuk segera ke Kantor Dinas Dukcapil Bulukumba. Atau melalui mobil pelayanan keliling yang melakukan kegiatan jemput bola di kecamatan-kecamatan.

“Dari total 5.563 ini sudah kita lakukan perekaman 2.360 (per data kemarin). Insya Allah akan tuntas sebelum Desember 2023,” imbuhnya.

Bupati Andi Utta Dorong 90 Persen Partisipasi Pemilih di Bulukumba

Sebelumnya, Bupati Bulukumba Andi Muchtar Ali Yusuf memberikan atensi terhadap tingkat partisipasi pemilih. Ia berharap pada Pemilu 2024 mendatang tingkat partisipasi pemilih Kabupaten Bulukumba dapat lebih meningkat lagi. Bahkan ia menargetkan mencapai 90 persen plus.

Untuk mencapai tingkat partisipasi itu, harus ada keterlibatan seluruh komponen. Khusus untuk jajaran birokrasi pemerintahan, bupati berlatar pengusaha itu meminta aparatnya untuk memberikan edukasi. Atau penyadaran kepada masyarakat akan pentingnya partisipasi pemilih.

Baca Juga: Pemilu 2024, Bupati Andi Utta Dorong Partisipasi Pemilih di Bulukumba 90 Persen

Karena itu, Bupati Muchtar Ali Yusuf berharap seluruh jajarannya mulai dari tingkat desa kelurahan, kecamatan sampai tingkat kabupaten. Untuk menyosialisasikan dan mengedukasi warga untuk datang memilih pada Pemilu mendatang.

“Ini harus kita maksimalkan, partisipasi pemilih di Pemilu mendatang bisa mencapai 90 persen plus,” ungkapnya pada pertengahan Mei 2023 lalu. (*)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Back to top button