MetroNews

Permada Akper Mappa Oudang Berhasil Menolong Korban Selamat dalam KM Terbalik di Selat Makassar

MAKASSAR, NEWSURBAN.ID — Permada Akper Mappa Ouddang berhasil menolong korban selamat dalam peristiwa Kapal Motor atau KM terbalik di Selat Makassar, pada pada Minggu 11 Juni 2023.

“Telah terjadi kecelakaan laut Kapal Motor (KM Sumber Maju), di perairan Selat Makassar, di antara Pulau Lae-Lae dan Pulau Barang Lompo, Makassar, Sulawesi Selatan,” kata tim dari Permada Akper Mappaouddang.

Mendengarkan informasi melalui media sosial, bahwa telah terjadi kecelakaan kapal tenggelam di wilayah perairan Pulau Lae-Lae. Selanjutnya Posko Crisis Center Tanggap Darurat Bencana Kota Makassar. Dan, aparat pemerintah setempat menghubungi pihak aparat keamanan, Tim DVI Biddokkes Polda Sulsel, PPNI Makassar. Permada Akper Mappa Oudang Makassar, kemudian bergerak cepat membuka posko korban kapal tenggelam, sebagai crisis center Pulau Lae-Lae.

Baca Juga: 104 Mahasiswa Akper Mappa Oudang Tiba Di Pulau Lae – Lae

Proses pencarian kecelakaan kapal pun di lakukan, dengan melibatkan Tim SAR Brimob Polda Sulsel, Tim Basarnas, pemerintah setempat, serta Tim URC Lae-Lae.

Tim SAR gabungan bersama Permada Akper Mappa Oudang Makassar, berhasil menolong korban selamat, dan berhasil mengevakuasi korban meninggal dunia.

Ini merupakan simulasi pertolongan korban selamat dalam KM terbalik di Selat Makassar. Di mana Permada Akper Mappa Ouddang berhasil menolong korban selamat

Adapun dalam simulasi Disaster Nursing Akper Mappa Oudang Makassar, dihadiri pihak keamanan Polsek Ujung Pandang, pihak keamanan Koramil Ujung Pandang, Direktur Akper Mappa Oudang Makassar, Camat Ujung Pandang, Lurah Lae-Lae, Instruktur SAR Sat Brimon Polda Sulsel, Basarnas Makassar, serta tokoh masyarakat di pesisir Pulau Lae-Lae.

Baca Juga: Puluhan Anak Desa Tamboe dan Dadeko Ikut Sunatan Massal Gratis Akper Mappa Ouddang

AKP Dardin, S.Kep,Ns.M.Kep, Direktur Akper Mappa Oudang Makassar, mengatakan, kegiatan ini merupakan unjuk kemampuan simulasi penanggulangan. Simulasi Disaster Nursing Akper Mappa Oudang Makassar, bekerjasama dengan stake holder lainnya.

Dia sebutkan, simulasi penanggulangan bencana kapal motor ini,Disaster Nursing Akper Mappa Oudang Makassar. Mengambil tema Membangun Karakter dan Peran Mahasiswa Akper Mappa Oudang Makassar yang Sigap dan Tanggap Dalam Manajemen Bencana yang Berorientasi Pada Keperawatan Forensik.

“Simulasi-Disaster Nursing Akper Mappa Oudang Makassar, mahasiswa di bekali kemahiran teknik dasar pertolongan. Untuk unjuk kemampuan pada-Disaster Nursing Water Rescue di antaranya renang dasar, renang pertolongan. Dan, mengemudi perahu karet, dan terknik evakuasi,” ungkap Direktur Akper Mappa Oudang Makassar.

Tambah Akp Dardin, unjuk kemampuan simulasi-Disaster Nursing Akper Mappa Oudang Makassar, di harapkan agar mahasiswa memahami tahapan-tahapan pada presedur. Yang nantinya tanggap, terampil, tangguh dan quick respon dalam menghadapi penanggulan bencana.

Tutupnya, Rangkaian kegiatan-Disaster Nursing Akper Mappa Oudang Makassar, di gelar selama 2 hari yakni Sabtu dan Minggu ( Tanggal 10-11 Juni 2023). (*)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Back to top button