NewsNusantaraSulsel

Gowa Hadirkan Miniatur Patonro di Apkasi Otonomi Expo 2023, Wapres Sempatkan Berkunjung

TANGERANG, NEWSURBAN.ID โ€” Pemerintah Kabupaten Gowa (Pemkab) Gowa kembali ikut serta pada Apkasi Otonomi Expo (AOE) 2023 di Ballroom ICE BSD, Kabupaten Tangerang, Provinsi Banten, Kamis (20/7). Di event itu, Gowa hadirkan miniatur Patonro.

“Setiap tahunnya memang diminta keterlibatan seluruh kabupaten untuk bisa berpartisipasi pada Apkasi Otonomi Expo ini,” jelas Bupati Gowa sekaligus Sekjen Apkasi, Adnan Purichta Ichsan.

Keikutsertaan Pemkab Gowa pada Apkasi Otonomi Expo 2023 yang berlangsung selama 3 (tiga) hari ini mulai tanggal 20 hingga 22 Juli mendatang. Adnan mengharapkan event ini, dapat mempromosikan komoditas unggulan Kabupaten Gowa di tingkat nasional.

“Harapan kita semua komoditas unggulan yang ada di Kabupaten Gowa bisa kita pasarkan. Sehingga masyarakat Indonesia makin mengenal komoditas unggulan yang ada di Kabupaten Gowa,” kata orang nomor satu di Gowa ini.

Baca Juga:ย Wapres Buka Rakernas Apkasi 2023, Adnan: Rakernas Berjalan Sesuai Harapan

Sementara itu, Sekretaris Daerah Kabupaten Gowa yang juga Plt. Kadis Perindag Kabupaten Gowa, Kamsina mengungkapkan bahwa Pemerintah Kab. Gowa ikut ambil bagian dalam kegiatan Apkasi Otonomu Expo dengan menampilkan miniatur patonro.

“Tahun lalu kita tampilkan miniatur Museum Balla Lompoa dan tahun ini kita tampilkan miniatur patonro. Sebagaimana kita ketahui bahwa patanro ini merupakan salah satu bagian dari baju adat orang Gowa. Tepatnya tutup kepala adat khas Kabupaten Gowa,” jelas Kamsina.

Ia juga menambahkan, selain patonro pihaknya membawa produk unggulan dari UMKM Kabupaten Gowa. Salah satunya sutera cura’ la’ba.

“Kita tampilkan juga sutera cura’ la’ba khas Gowa yang sudah di perkenalkan hingga keluar negeri pada Fashion Show di New York. Ini merupakan hasil produk yang kita pamerkan pada Apkasi tahun lalu. Selain itu, kami juga pamerkan kerajinan tangan seperti tas yang terbuat dari anyaman bambu. Dan panganan-panganan lokal khas Gowa,” urai Sekda Gowa ini.

Baca Juga:ย TP PKK Gowa Siap Ramaikan Festival B2SA dan Lomba LMSI Tingkat Provinsi Sulsel

Terkait Apkasi Otonomi Expo 2023, Wakil Presiden RI, KH Ma’ruf Amin memberikan arahan kepada para pemimpin daerah. Agar ajang ini di manfaatkan untuk mempromosikan destinasi wisata, komoditas, dan investasi unggulan daerah. Tidak terkecuali produk dan jasa halal, seperti makanan dan minuman, fesyen, farmasi, kosmetik dan wisata halal.

โ€œBanyak kabupaten yang memiliki potensi wisata yang layak di kembangkan untuk menarik investor, menumbuhkan ekonomi kreatif. Menciptakan lapangan kerja, dan meningkatkan penghasilan warga setempat, sekaligus melestarikan budaya lokal,โ€ pesan Wapres.

Pada kesempatan ini pula, Wakil Presiden RI, KH. Ma’ruf Amin menyempatkan mengunjungi booth pameran Pemerintah Kabupaten Gowa. Wapres di terima langsung oleh Bupati Gowa, Adnan Purichta Ichsan bersama Ketua TP PKK/Ketua Dekranasda Kabupaten Gowa, Priska Paramita Adnan. Dan Sekretaris Daerah Kabupaten Gowa, Kamsina. (dw/up)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Back to top button