MetroNews

Tempo Apresiasi Pemkot Makassar dalam Pengembangan Digitalisasi

JAKARTA, NEWSURBAN.ID — Tempo memberikan apresiasi kepada Pemerintah Kota (Pemkot) Makassar atas pengembangan digitalisasi pada masa pemerintahan Wali Kota Makassar Moh Ramdhan Pomanto dengan beragam inovasi.

Ada lima kota di Indonesia yang mendapatkan apresiasi kategori pengembangan digitalisasi. Yakni, Tarakan, Medan, Malang, Makassar, dan Padang Panjang.

Kota Makassar bersama empat daerah lainnya di anggap berhasil menunjukkan pencapaian digitalisasi dalam berbagai hal.

Baca Juga: Danny Pomanto Tutup Makassar F8: Pengunjung Capai 500 Ribu Orang

Seperti pelayanan publik, pembayaran pajak, pemberdayaan ekonomi. Hingga gerakan cinta rupiah melalui sistem pembayaran non-tunai.

Penyerahan penghargaan berlangsung dalam acara Apresiasi Tokoh Indonesia yang-digelar media Tempo di The Ritz Carlton Jakarta, Selasa (29/08/2023) malam.

Kegiatan ini di hadiri langsung oleh tiga menteri yakni Mendagri Tito Karnavian, Menteri PAN-RB Abdullah Azwar Anas. Dan Menteri Perhubungan Budi Karya Sumadi.

Wali Kota Danny Pomanto mengucapkan terima kasih atas apresiasi media Tempo. Khususnya dalam langkah pemerintah kota mengembangkan sistem digitalisasi.

Baca Juga: Wali Kota Danny Pomanto Bocorkan Rahasianya ke Sosiolog se-Indonesia

Apresiasi akan menjadi acuan dalam memicu dan memacu Pemkot Makassar untuk lebih baik dengan melahirkan inovasi-inovasi dalam hal digitalisasi.

Transformasi digitalisasi sudah di lakukan Pemkot Makassar sejak periode pertama Danny Pomanto. Melalui penerapan Homecare dan Aplikasi Telemedicine yang memudahkan masyarakat mengakses layanan kesehatan.

Dan saat ini, Pemkot Makassar melalui Badan Pendapatan Daerah mengembangkan aplikasi Pakinta (Pajak Terintegasi dan Terdigitalisasi). Yang memudahkan masyarakat membayar pajak daerah secara non-tunai.

“Kota Makassar mendapat apresiasi khusus pada peningkatan pendapatan daerah dari digitalisasi,” kata Danny Pomanto.

Baca Juga: Menpan RB dan APEKSI Searah Reformasi Birokrasi, Danny Pomanto: Kinerja dan Dedikasi yang Utama

“Jadi Makassar bersama empat kota lainnya mendapatkan penghargaan karena dengan digitalisasinya bisa memberi manfaat. Terutama dalam hal peningkatan pendapatan daerah,” tambahnya.

Danny Pomanto pun mengucapkan terima kasih kepada seluruh pihak yang ikut bekerja keras. Dalam meningkatkan Pendapatan Asli Daerah (PAD) menuju Rp2 triliun.

Mendagri Tito Karnavian mengatakan ekspose media terhadap kinerja pemerintah daerah membantu kementerian dalam mengawasi pemerintah daerah di seluruh Indonesia.

“Kategori-kategori yang masuk dalam apresiasi ini sangat berhubungan dengan apa yang kami evaluasi. Dan pendampingan dari Kementerian Dalam Negeri,” kata Tito.

Baca Juga: Antusiasme Warga Makassar Terpancar saat Nonton Bareng Danny Pomanto di Makassar F8

Apresiasi untuk pemerintah daerah ini bukan sebuah kompetisi. Namun demikian, Tempo apresiasi Pemkot Makassar mempertimbangkan berbagai indikator dan menggunakan data sekunder dari sejumlah lembaga. Seperti Badan Pusat Statistis (BPS), data Indeks Masyarakat Digital Indonesia dari Kementerian Komunikasi dan Informatika.

Pengecekan pada Indeks Elektronifikasi Transaksi Keuangan Daerah yang dilansir Bank Indonesia melalui kantor-kantor perwakilannya di berbagai daerah. Dan berbagai sumber lainnya untuk mengetahui perkembangan kinerja pemerintah daerah. (*)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Back to top button