NewsSulsel

Pj Gubernur Sulsel & Konjen Jepang Bahas Potensi Budidaya Pisang dan Ayam Ketawa

MAKASSAR, NEWSURBAN.ID – Penjabat (Pj) Gubernur Sulsel, Bahtiar Baharuddin, bersama Konjen Jepang, Ohashi Koichi, bahas soal program prioritas Pemprov Sulsel, dalam pertemuan keduanya di Kantor Gubernur, Senin, 16 Oktober 2023. Dalam pertemuan itu, Pj Gubernur Sulsel dan Konjen Jepang bahas terkait budidaya pisang dan potensi ayam ketawa khas Sulsel.

Bahtiar menjelaskan, sampai saat ini sudah ada persiapan lahan di Kecamatan Mare, Kabupaten Bone, dan di Kecamatan Bangkala Kabupaten Jeneponto, serta sejumlah daerah lain, untuk budidaya pisang.

Selain itu, Pemprov Sulsel melalui Dinas Tanaman Pangan, Hortikultura dan Perkebunan (DTPHBUN), sudah menyediakan lahan seluas 7 hektare untuk pembibitan di UPT DTPHBUN di Kabupaten Bone.

Baca Juga: ICMI Sulsel Siap Support 8 Program Prioritas Pj Gubernur Bahtiar

“Kami sudah melakukan penanaman di Mare, Kabupaten Bone. Minggu depan kami ke Jeneponto lihat lahan di sana, sekalian untuk cek pengairan di Bendungan Karalloe Jeneponto,” kata Bahtiar.

Selain itu, ada juga jenis unggas ayam ketawa, manugaga. Atau juga di kenal dengan sebutan ayam jantan dari timur adalah ayam asli Indonesia yang berasal dari Kabupaten Sidrap

“Ayam ini di namai demikian karena bunyi kokoknya yang menyerupai bunyi tertawa manusia. Itu sangat mahal, dan bisa untuk di budidayakan,” jelasnya.

Sementara itu, Konjen Jepang di Makassar, Ohashi Koichi, mengaku siap mendukung program pemerintah termasuk soal budidaya pisang tersebut.

Baca Juga: PJ Ketua TP PKK Sulsel Apresiasi TP PKK Makassar Turunkan Angka Stunting

“Di Jepang sangat mahal tanaman hortikultura. Mungkin bisa persiapan kebutuhan pasar Jepang, tapi memang ada standarnya,” kata Konjen Jepang Ohashi Koichi lewat juru bicaranya saat pertemuan bahas budidaya pisang.

Ohashi Koichi juga mengundang secara khusus Pj Gubernur Sulsel dalam agenda tahunan kekaisaran Jepang, yang akan digelar 23 Februari 2024. Acara kekaisaran tersebut biasanya dihadiri para kesultanan, kepala negara, kepala daerah beserta tamu agung lainnya.

“Kami secara khusus mengundang Bapak Gubernur Sulsel hadir dalam acara Kaisar Jepang Naruhito, 23 Februari tahun depan. Mudah-mudahan Bapak berkenan hadir,” ucapnya.  (*)

Cek berita dan artikel lain di Google News

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Back to top button