EkonomiMetroNews

Danny Pomanto Siapkan Dua Model Operasi Pasar Kendalikan Inflasi di Makassar

MAKASSAR, NEWSURBAN.ID – Wali Kota Makassar Moh Ramdhan Pomanto (Danny Pomanto) sudah siapkan dua model Operasi Pasar untuk kendalikan angka inflasi di Makassar.

Danny Pomanto sapaan akrab Ramdhan Pomanto mengatakan pihaknya memiliki 10 mobil inflasi di pasar dan 144 Kontainer Terpadu (Konter) untuk menggelar operasi pasar di permukiman.

“Kami sudah berunding akan bikin dua model. Pertama di pasar dan kedua di permukiman. Di pasar kita punya 10 mobil inflasi dan kita duakalilipatkan. Kedua di permukiman di 144 Konter itu,” kata Danny usai mendampingi Pj Gubernur Sulsel mengecek harga sembako di Pasar Toddopuli, Kamis, (30/11/2023).

Baca Juga: Wali Kota Danny Pomanto Terima Penghargaan Kota Sehat Kategori Padapa dari Menkes

Dalam operasi pasar itu, lanjut dia, timnya fokus pada komoditi yang cenderung naik sehingga mengantisipasi. “Jadi sebelum naik kita sudah potong di situ,” lanjutnya.

Dia menegaskan bahwa pihaknya pastinya kompak dan mengumpulkan semua kekuatan untuk menyatukan kebijakan antara Pemkot Makassar dengan Pemprov Sulsel.

Pun dia mewanti-wanti harga terutama pada bulan Desember ini adanya momen hari raya juga kebutuhan meningkat. Apalagi masuk juga masa kampanye Pilpres.

Pj Gubernur Sulsel Bahtiar Baharuddin mengatakan pengecekan harga-harga sembako di pasar dalam rangka mengantisipasi perkembangan harga memasuki momentum Hari Raya Natal dan Tahun Baru.

Baca Juga: Danny Pomanto Galakkan Kreativitas Makassar Kota Festival Tepian Air, Kota Makan Enak dan Festival Pisang

Dari pengecekan, jelas Bahtiar, bahwa secara umum harga-harga bahan pokok di Makassar terkendali. Hanya sedikit saja kenaikan seperti Ikan Kembung karena banyak dijual ke pulau-pulau lain termasuk ke Jawa.

Naiknya sekira Rp15 ribu per kilogramnya. Yang lain cukup stabil. Apalagi ada tim dari Bulog dan Pemkot Makassar sudah menyiapkan beberapa langkah menghadapi ini.

Begitu pun dengan cabai naik yang masih menyentuh Rp80 ribu per kilogramnya. Olehnya meminta seluruh Pemda se-Sulsel agar menstabilkan harga ini.

“Saya minta kepada seluruh Pemda kita harus kompak menghadapi Natal dan Tahun Baru. Juga turun mengecek harga di pasar-pasar dan mengambil langkah dan mengendalikan harga,” pesannya. (*)

Cek berita dan artikel lain di Google News

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Back to top button