MetroNewsSulsel

Danny Pomanto Galakkan Kreativitas Makassar Kota Festival Tepian Air, Kota Makan Enak dan Festival Pisang

JAKARTA, NEWSURBAN.ID – Wali Kota Makassar Moh Ramdhan Pomanto terus menggalakan inklusifitas dan kreativitas ekonomi untuk menunjang pertumbuhan ekonomi Kota Makassar. Di antaranya ialah Makassar sebagai Kota Festival Tepian Air, Festival Kota Makan Enak dan Festival Pisang.

Wali kota dua periode ini menekankan bahwa festival-festival ini cukup meningkatkan dan mengasah kreativitas masyarakat. Seperti contoh Festival F8 itu sangat mempengaruhi.

“Pengaruh food dalam festival f8 itu besar sekali. Orang bisa mencicipi 40 makanan terbaik khas Makassar, 24 jam,” kata Danny Pomanto sapaan akrab Ramdhan Pomanto di sela-sela wawancara dengan Metro TV dalam acara Selamat Pagi Indonesia, Selasa, (28/11/2023), di Jakarta.

Setelah sukses dengan F8, pihaknya ingin membuat Makassar sebagai Kota Festival Tepian Air. Usulan itu dilakukan pada momen HUT dengan menambah branding baru sebagai Kota Festival Tepian Air.

Festival-festival itu akan diadakan tiap pekan, tiap bulan. “Kita buat Festival Kota Makan Enak, ada juga usulan teman swasta bahwa ada festival Ikan, kemudian arahan gubernur juga untuk bisa buat festival pisang. Jadi saya pikir Makassar sudah siap dengan itu,” ucap dia.

Baca Juga: Danny Pomanto Launching Headrest Cover Makassar Kota Makan Enak, Pisang Ijo Menu Perdana

Apalagi, untuk F8, Menteri Pariwisata dan Ekonomi Kreatif (Menparekraf) Sandiaga Uno mengapresiasi setinggi-tingginya. Menteri Sandiaga bahkan menyebut F8 sudah menjadi event terbaik dunia yang-digelar di tepi laut.

Dia bilang ini the best waterfront festival in the world (festival tepi laut terbaik di dunia). Pagelaran tahunan ini juga kian jadi daya tarik wisata, atraksi kelas dunia. Makanya masuk dalam 10 besar Karisma Event Nusantara (KEN).

Event F8 ini kian menarik karena melibatkan 70 persen anak pemuda. Mulai dari backstagers atau belakang panggung yang meramu koreografer sampai dengan talentanya ialah anak muda.

Di samping itu juga, perhelatan forum Rakernas XVI Asosiasi Pemerintah Kota Seluruh Indonesia (Apeksi) pertengahan Juli lalu. Forum itu berhasil mengundang 3 capres untuk menyampaikan gagasan tentang bangsa depannya.

Baca Juga: Festival Inovasi Pemda, Pemkot Makassar Branding Kota Makan Enak dan Pemerkan Inovasi Lorong Wisata

Tak kalah menarik ialah Makassar menjadi tuan rumah Multilateral Naval Exercise Komodo (MNEK) pada Juni 2023, kegiatan latihan non-perang yang-dilaksanakan oleh TNI Angkatan Laut (TNI-AL) bersama negara-negara sahabat.

Selain itu, bentuk kebijakan inklusi Pemkot Makassar ialah berhasil meraih penghargaan tingkat nasional Anugerah Prakarsa Inklusi (API). API dari Komisi Nasional Disabilitas atas komitmen Pemkot Makassar terhadap penghormatan dan perlindungan hak penyandang disabilitas di Kota Makassar.

Bahkan baru-baru ini, Makassar menandatangani nota kesepahaman (MoU) dengan Komisi Nasional Disabilitas sebagai bentuk kolaborasi pemenuhan hak-hak penyandang disabilitas di Kota Makassar. (*)

Cek berita dan artikel lain di Google News

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Back to top button