NewsSulteng
Trending

Wujudkan Palu Kota Adipura, Wali Kota Hadi Siapkan Dua Kendaraan Persampahan Setiap Kelurahan

PALU, NEWSURBAN.ID — Mewujudkan Palu Kota Adipura, Wali Kota Palu H. Hadianto Rasyid akan menyiapkan dua unit kendaraan setiap kelurahan. Pada penghujung 2021, Hadi telah menyerahkan 48 unit mobil operasional persampahan kepada 24 kelurahan.

“Tahun ini (2021) sebanyak 24 Kelurahan sementara 22 Kelurahan akan menyusul mendapat kendaraan serupa pada 2022 ini,” kata Wali Kota Hadi.

Ia mengatakan, nantinya setiap Kelurahan akan memiliki 2 unit mobil operasional untuk menangani persampahan.

Wali Kota Hadi berharap, agar setiap kelurahan menjaga dan merawat kendaraan operasional persampahan.

Tak hanya itu. Wali Kota juga berharap warga dapat berperan membantu pemerintah kota demi target Adipura tahun 2023.

Program Adipura merupakan salah satu program nasional setiap tahun. Program itu, merupakan instrumen pemerintah untuk mendorong kebijakan lingkungan yang bersih yang melibatkan peran warga masyarakat.

“Salah satu yang mendasari penghargaan kota Adipura adalah implementasi kebijakan lingkungan. Dengan pendekatan wilayah sesuai amanat UU No. 18 tahun 2008 tentang pengelolaan persampahan masyarakat kota dengan prinsip peran aktif,” tutur Hadi.

Untuk mencapai tujuan Palu Kota Adipura, berbagai upaya telah ia lakukan. Seperti melibatkan perempuan dalam kegiatan kebersihan lingkungan.

Selain itu, Pemerintah Kota Palu melalui dinas Kominfo terus melakukan sosialisasi kepada warga kota. Penyampaian informasi tersebut melalui berbagai macam sarana.

Hal ini, erat kaitannya juga dengan penerapan Perda Kita Palu No. 03 tahun 2016 tentang persampahan.

Sementara dinas lingkungan hidup berperan menyediakan Tempat Pembuangan Sampah (TPS) yang tersebar di seluruh kota. (hms/ysf)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Back to top button