KesehatanNewsSulteng
Trending

Kasus Covid-19 Bertambah, Gubernur Rusdy Bunyikan Alarm Bahaya!

Gubernur Sulteng Instruksikan Bupati dan Wali Kota Kembali Aktifkan Satgas Covid-19

PALU, NEWSURBAN.ID — Gubernur Sulawesi Tengah H. Rusdy Mastura menekan tombol bahaya. Pasalnya, dua hari terakhir kasus Covid-19 bertambah di Sulawesi Tengah.

Penambahan kasus Covid-19 Sabtu (5/2) sebanyak 21 orang. Kasus infeksi baru itu menyebar. Di Kota Palu sebanyak 8 Kasus, Kabupaten Sigi 4 kasus. Lalu di Kabupaten Morowali 1 kasus, Kabupaten Banggai Laut 3 Kasus dan Kabupaten Banggai 5 kasus.

Sehari sebelumnya, pada Jumat (4/2) juga tercatat kasus baru bertambah sebanyak 18 kasus.

Sementara itu, Pusdatina Covid-19 Provinsi Sulawesi Tengah melaporkan hari ini, ada 3 pasien. Yakni, dari Kabupaten Sigi.

Karena itu, Gubernur Rusdy Mastura melalui Juru Bicara Pusdatina Covid -19 Provinsi Sulawesi Tengah Adiman menyampaikan alaram bahaya.

Melalui Pusdatina, pada Sabtu (5/2) Gubernur Rusdy menyampaikan agar waspada terhadap gelombang baru Covid-19.

Waspada Covid-19 di Sulawesi Tengah kembali melonjak, Gubernur meminta masyarakat lebih patuh dan taat untuk mematuhi protokol kesehatan 5M.

“Untuk regulasi penanganan Gelombang III penularan Covid-19 masih menunggu Pusat. Khususnya, tentang Penanganan Pengetatan Pemberlakuan Pembatasan Kegiatan Masyarakat (PPKM),” kata Gubernur.

Tetapi, melihat perkembangan penularan yang drastis naik pada 3 hari terakhir ini, Gubernur Rusdy merespons dengan mengeluarkan sinyal bahaya.

“Kita harus lebih waspada dan taat terhadap protokol kesehatan. Namun, jangan sampai menimbulkan kepanikan,” kata Gubernur.

Instruksi kepada Bupati dan Wali Kota

Gubernur Rusdy Mastura juga meminta kepada bupati dan Wali Kota Palu bekerja sama dengan TNI dan Polri. Untuk mengambil kebijakan strategis agar dapat menekan penularan Covid-19 di daerahnya masing-masing.

Tak hanya itu, sebagai langkah antisipasi, Gubernur Rusdy menginstruksikan untuk mengaktifkan kembali Satgas Covid. Pengaktifan Satgas Covid-19 untuk memastikan seluruh aktivitas masyarakat berjalan dengan protokol kesehatan yang ketat.

Sementara itu, Juru Bicara Pusdatina Covid-19, Adiman, menyampaikan, tiga hari terkahir terjadi peningkatan kasus Covid-19 di Sulawesi Tengah.

Dengan tren kenaikan kasus baru tersebut, Adiman meminta semua masyarakat harus lebih wasapa. Lebih penting adalah taat protokol kesehatan 5 M.

Dia juga meminta masyarakat yang belum Vaksin agar segera datang untuk menerima suntikan Vaksin I, II dan atau III.

Adiman menyebutkan, sampai dengan Sabtu (5/2) hari ini, total kasus aktif sebanyak 80 orang.

Sedangkan peningkatan Kasus Covid-19 hari ini berjumlah 21 kasus. Di Kota Palu 8 kasus, Sigi 4 kasus, Morowali 1 kasus, Banggai Laut 3 kasus dan Banggai 5 kasus.

Sementara pasien sembuh hari ini, ada 3 orang. Mereka adalah pasien dari Kabupaten Sigi. (ysf)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Back to top button