NewsNusantaraSulawesiSulsel
Trending

Wabup Gowa Dampingi Kasdam XIV Hasanuddin Ziarah ke Makam Sultan Hasanuddin

GOWA, NEWSURBAN.ID — Wakil Bupati Gowa, H Abd Rauf Malaganni menerima sekaligus mendampingi Kasdam XIV Hasanuddin, Brigjen. TNI Dany Budiyanto beserta jajaran ziarah ke Makam Sultan Hasanuddin di Kelurahan Katangka, Kecamatan Somba Opu, Selasa (15/2).

Dalam sambutannya, Wakil Bupati Gowa menyampaikan selamat datang di Kabupaten Gowa. Di tempat kelahiran Raja Gowa Sultan Hasanuddin yang sekarang menjadi bagian dari nama Kodam XIV Hasanuddin.

“Ziarah makam sangat tepat. Karena selama ini, setiap ada pejabat baru di jajaran Kodam XIV Hasanuddin pasti selalu datang ziarah ke Makam Sultan Hasanuddin ini,” ujarnya.

Baca Juga: Pemkab Gowa Dukung Program PMD BRI Cabang Sungguminasa

Kr. Kio sapaan Wakil Bupati Gowa menjelaskan bahwa Sultan Hasanuddin merupakan Raja Gowa yang Ke-16. Sultan Hasanuddin memiliki nama lengkap Muhammad Bakir I Mallombasi Daeng Mattawang Kareng Bonto Mangape.

“Sultan Hasanuddin ini bergelar sebagai Ayam Jantan Dari Timur oleh Belanda. Gelar itu, karena keberaniannya melawan penjajah pada saat itu,” ungkapnya.

Baca Juga: Wabup Gowa Ajak Masyarakat Rawat Taman Makam Pahlawan Tombolopao Secara Bersama-sama

Olehnya itu, dirinya berharap melalui ziarah makam, nilai-nilai keberanian dan kepahlawanan Sultan Hasanuddin dapat menjadi teladan seluruh prajurit Kodam XIV Hasanuddin.

Dirinya juga mengharapkan, Kasdam XIV Hasanuddin yang baru saja menjabat ini bisa menjalankan tugas dengan baik.

Baca Juga: Sambut Pangdam XIV Hasanuddin, Bupati Adnan Harap Kerjasama dalam Pembangunan Terus Terjalin

“Selain Sultan Hasanuddin, kami di Kabupaten Gowa juga memiliki dua pahlawan nasional lainnya. Yaitu, Tuanta Salamaka Syekh Yusuf dan Karaeng Pattingalloang. Jadi, Kabupaten Gowa saat ini memiliki 3 pahlawan nasional,” tambahnya.

Turut hadir dalam ziarah makam ini, Dandim 1409 Gowa, Letkol Inf. Prasetyo Ari Wibowo, Camat Somba Opu, Agus Salim. (jn/*)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Back to top button