MetroNews

Grebek Stunting, Fatmawati Kunjungi Puskesmas di Dua Kecamatan

MAKASSAR, NEWSURBAN.ID — Awal September, Wakil Wali Kota Makassar, Fatmawati Rusdi melakukan kunjungi Puskesmas di dua kecamatan, yakni Kecamatan Wajo dan Kecamatan Ujung Tanah, dalam rangka grebek stunting, Sabtu (02/09/2023).

Hal ini bukan menjadi hal yang baru, namun telah menjadi agenda rutin di setiap akhir pekan, bentuk komitmen dan keseriusan guna percepatan penurunan angka stunting di Kota Makassar.

“Kita tidak ingin main-main dalam penanganan stunting, karena ini menyangkut masa depan anak-anak kita, sebagai generasi penerus bangsa nantinya,” ujarnya.

Baca Juga: Grebek Stunting di Puskesmas Antang, Wawali Fatma Bagikan Makanan Tambahan Balita

Kedua puskesmas yang dia kunjungi yakni Puskesmas Tarakan yang terletak di Kec Wajo, dan Puskesmas Patiangalloang di Kecamatan Ujung Tanah.

Seperti di puskesmas lainnya, Fatmawati Rusdi memberikan motivasi dan mengingatkan para orang tua. Agar secara bersama dapat lebih memikirkan pemenuhan gizi anak-anak mereka.

“Tak ada lagi alasan untuk bermalas-malasan saat anak sulit makan, di karenakan saat ini teknologi semakin canggih. Melalui handphone dapat di ketahui berbagai cara mengolah makanan bergizi agar dapat menggugah selera makan anak,” tuturnya.

Baca Juga: Grebek Stunting, Fatmawati Rusdi Ingatkan Perhatikan Pola Asuh Anak

Pemenuhan gizi anak tidak selamanya harus mahal, asalkan mengandung unsur-unsur seperti protein, karbohidrat, maupun vitamin dan mineral.

“Bukan hanya sebatas itu, stunting juga dapat terjadi karena adanya infeksi berulang pada anak. Sehingga para orang tua kita harapkan untuk lebih intens berkunjung ke puskesmas maupun posyandu. Agar tumbuh kembang anak dapat terpantau,” ujarnya.

Kepala Puskesmas Patiangalloang, dr Aminah Darwis, S.Ked, menyampaikan untuk wilayah cakupan Puskesmas Patianggolang mencakup 4 kelurahan. Dan, saat ini terdapat 35 anak stunting di mana tahun sebelumnya terdapat 49 anak.

“Pendampingan terus di lakukan, dengan memberikan edukasi serta kunjungan ke rumah-rumah. Selain itu di lakukan pula pelacakan stunting dengan kejar timbang, sehingga tumbuh kembang anak lebih terpantau,” ujarnya.

Baca Juga: Fatmawati Rusdi Raih Apresiasi Perempuan Berpengaruh Kategori Pemimpin

Selain itu, Fatmawati Rusdi juga menyempatkan untuk meninjau langsung lokasi kebakaran yang terjadi di sekitar puskesmas Patiangalloang. Ia ingin memastikan kebutuhan primer dan sekunder korban kebakaran terpenuhi. (*)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Back to top button